Hari Tani Jadi Momentum Perkokoh Pertanian Rembang

Hari Tani Jadi Momentum Perkokoh Pertanian Rembang

infojateng.id - 22 September 2019
Hari Tani Jadi Momentum Perkokoh Pertanian Rembang
Bupati Rembang Abdul Hafidz menyerahkan tumpeng dalam rangka Hari Tani Nasional Minggu (22/9/2019)  - ()
Penulis
|
Editor

Bupa kondisiREMBANG- 1079 warga mengikuti sepeda santai dalam rangka Peringatan Hari Tani Nasional bersama Bupati dan Wakil Bupati Rembang Minggu (22/09/2019). Mereka bersepeda melalui rute sepanjang 8,5 km, mulai Pendopo Museum Kartini hingga finish di GOR Rembang.

Acara tersebut digelar dalam rangka peringatan Hari Tani Nasional oleh Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang.

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz mengatakan, pertanian merupakan salah satu pilar kehidupan bangsa Indonesia. Menurutnya, semangat momentum hari tani nasional ini perlu dijadikan sebagai motivasi bersama.

“Sebab mayoritas warga Rembang, selain di sektor kelautan jug petani. Oleh karena itu dinilai perlu adanya intervensi dari pemerintah untuk membantu petani mulai dari bibit, pupuk hingga alat pertanian. Sehingga bisa menekan biaya yang dikeluarkan para petani,” katanya.

Bupati menyadari, minat generasi saat ini untuk bekerja di sektor pertanian sangat sedikit. Dilihat dari sisi penghasilan, keuntungan petani saat panen sangat minim.

Menurutnya, proses pengolahan hasil pertanian merupakan solusi terbaik untuk meningkatkan nilai atau penghasilan dari petani, ketika penghasilan petani meningkat itu akan menjadi magnet tersendiri bagi generasi muda untuk mau terjun di dunia pertanian.

“Meskipun harga hasil pertanian tidak terlalu mahal tetapi biaya produksinya minim. Sehingga kesejahteraan perani meningkat, inilah cara Pemerintah mengelola pertanian. Mudah-mudahan generasi kita ini nanti menjadi generasi yang cinta petani,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Rembang (Dintanpan) Suratmin menjelaskan, peringatan hari tani di Rembang digelar selama 3 hari mulai dari tanggal 22 – 24 September 2019.

Lanjutya, kegiatan tersebut sekaligus penyelenggaraan lomba potensi peternakan dan gebyar Upaya Khusus Percepatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting (UPSUS SIWAB) se-Jawa Tengah. Selain sepeda santai, pada hari pertama penyelenggaraannya diadakan juga pasar murah untuk warga kurang mampu di desa setempat dan lomba kontes kicau burung. (redaksi)

Kk

Tinggalkan Komentar

Mungkin Anda melewatkan ini

Close Ads X