Tetap Sehat dan Produktif di Tengah Pandemi Covid-19

Tetap Sehat dan Produktif di Tengah Pandemi Covid-19

infojateng.id - 14 Agustus 2021
Tetap Sehat dan Produktif di Tengah Pandemi Covid-19
Tingkatkan Imun: Jajaran Kemenkumham di unit utama, kantor wilayah, dan Unit Pelaksana Teknis di seluruh Indonesia terhubung melalui aplikasi ZOOM. Tema sep utar Covid-19 dan Imunitas menjadi topik bahasan Zoom Kemenkumham Jumat, (13/8) - (infojateng.id)
Penulis
|
Editor

Jakarta  – Merespon pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menggelar kegiatan Kumham Sehat Kumham Produktif. Kegiatan ini terdiri atas latihan olah pernapasan dan telemedicine konsultasi kesehatan.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto mengatakan kesehatan sangat penting untuk mendukung kinerja pegawai. Hanya dengan tubuh yang sehat, jajaran Kemenkumham dapat memberikan produktivitas yang maksimal.

“Jangan abaikan kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini. Menjadi sehat bukan hanya kiasan, tetapi goals kita adalah memiliki jiwa dan raga yang sehat,” tegas Sekjen, Jumat (13/08).

Kumham Sehat Kumham Produktif dilaksanakan sebanyak dua kali setiap minggu pada hari Rabu dan Jumat secara virtual. Jajaran Kemenkumham di unit utama, kantor wilayah, dan Unit Pelaksana Teknis di seluruh Indonesia terhubung melalui aplikasi ZOOM dan saluran siaran langsung yang telah disediakan.

“Kita terhubung secara virtual. Tidak hanya pegawai yang sehat, tetapi rekan-rekan yang sedang melakukan isolasi mandiri juga mengikuti kegiatan ini agar lebih cepat proses penyembuhannya,” lanjut Sekjen dalam sambutannya.

Kegiatan ini diawali dengan latihan olah pernapasan teknik Bio Energy Power yang dipimpin oleh pelatih profesional. Jenis latihan ini merupakan kombinasi olah napas dan olah gerak yang sederhana sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa memerlukan alat bantu tambahan.

Setelah latihan olah pernapasan, kegiatan dilanjutkan dengan konsultasi kesehatan oleh tim dokter Sekretariat Jenderal Kemenkumham. Topik yang dibahas seputar Covid-19 mulai dari penanganan saat positif hingga aktivitas setelah sembuh.

Tim dokter di seluruh unit Kemenkumham telah melakukan layanan telemedicine selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Pegawai Kemenkumham yang terpapar Covid-19 melakukan konsultasi melalui telepon dan mendapatkan rekomendasi tindakan serta obat-obatan.

Di akhir sambutannya, Sekjen mengingatkan segenap jajaran Kemenkumham untuk melaksanakan Work From Home (WFH) secara bertanggung jawab. Kemenkumham telah banyak mengubah pola kerja konvensional menjadi pola kerja digital. Hal ini dilakukan untuk beradaptasi dan mengakomodir kebutuhan kerja jarak jauh yang dilakukan selama pandemi.

“Pandemi mengajarkan kita satu hal, yaitu digitalisasi. Kita ubah pola kerja menjadi digital agar WFH menjadi efektif. Dengan demikian kita tetap sehat dan tidak mengurangi produktivitas,” tutup Sekjen.

Lapas kelas II B Pati

Kalapas Pati Ajak Jajaran Tingkatkan Imun dan Prokes

Sementara Kepala Lapas II B Pati, Febie Dwi Hartanto mengajak jajaran stafnya untuk meningkatkan imun. Oleh karena itu olah raga sangat penting  untuk menjaga kondisi badan agar tetap fit dan sehat. Sehingga bisa optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, jelasnya.

“Olah raga merupakan program wajib dilaksanakan oleh seluruh anggota ajaran Lapas II B untuk mencegah penularan Covid-19 kepada anggota dan meningkatkan daya tahan tubuh,” ujar Febie setelah mengikuti zoom dengan stafnya.

Kalapas Febie menambahkan lantaran masih tingginya tambahan kasus corona, Ia meminta jajaran lapas Pati untuk tetap mematuhi menerapkan protokol kesehatan. Karena untuk menekan wabah corona, dimulai dari menekan angka penularan.

“Untuk itu, pentingnya perilaku 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” tutupnya.(*)

Tinggalkan Komentar

Mungkin Anda melewatkan ini

Close Ads X