Momen HUT Ke-76 RI, KSH Luncurkan Dua Kamar Operasi

Momen HUT Ke-76 RI, KSH Luncurkan Dua Kamar Operasi

infojateng.id - 17 Agustus 2021
Momen HUT Ke-76 RI, KSH Luncurkan Dua Kamar Operasi
Tingkatkan layanan kesehatan: RS Keluarga Sehat meluncurkan dua kamar operasi baru tepat di momen HUT ke-76 RI.  - (infojateng.id)
Penulis
|
Editor

PATI – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, sebagai wujud bakti untuk negeri, RS Keluarga Sehat, meluncurkan 2 Kamar Operasi Baru melengkapi 3 kamar operasi yang telah ada sebelumnya. Fasilitas baru ini terdiri dari 1 Kamar Operasi Infeksius dan 1 Kamar Operasi Non infeksius.

Kamar operasi infeksius ini diperuntukkan bagi pasien yang membutuhkan tindakan pembedahan namun memiliki penyakit penyerta infeksi yang dapat menular melalui udara seperti COVID-19. Penambahan kamar operasi khusus ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan infeksi dari Pasien ke Dokter atau kepada pengunjung RS lainnya. Pada ruangan ini, alur pasien dan tekanan udara diatur sedemikian rupa sehingga udara yang masuk dalam ruang operasi ini adalah udara yang telah difiltrasi namun udara yang telah tercemar tidak keluar dan mencemari lingkungan sekitar.

Manajer Penunjang Medik Tri Giyarti, Skep, Ns menjelaskan, penambahan 2 kamar operasi ini telah memenuhi standar Kamar Operasi sesuai standar internasional yang juga telah dimiliki 3 kamar operasi sebelumnya. Standar tersebut seperti Sandwich panel yang mencegah mikroba menempel, HVAC ( Heating, Ventilating Air Conditioning) dengan HEPA filter ISO 7 kelas 10000 yang memiliki kemampuan ACH ( Air Change Hour) lebih dari 25. Dengan kemampuan tersebut maka partikel droplet di kamar operasi akan terdilusi dengan cepat dan hal ini sangat penting dalam upaya pencegahan penularan COVID-19.

Selain itu Tri juga menyampaikan bahwa kamar operasi berbasis Digital Hospital ini, juga dilengkapi dengan TV Monitor nirkabel yang terkoneksi dengan E- Medical Record sehingga operator dapat mengakses dengan segera catatan medik serta pemeriksaan penunjang seperti foto radiologi dengan segera. Tentunya hal ini mampu meningkatkan mutu layanan dan mencegah terjadinya insiden keselamatan pasien.

Keberadaan Kamar operasi infeksius ini mutlak diperlukan di masa pandemi seperti saat ini. Masyarakat yang membutuhkan tindakan operasi namun sedang menderita COVID-19 tidak lagi tertunda karena kekhawatiran penularan COVID-19, sehingga mutu pelayanan dan prognosis kesembuhan dapat meningkat. Design kamar operasi baru ini memiliki alur pasien dan tenaga medis yang terpisah dengan kamar operasi non infeksius lainnya. Jalur Tim Operasi dan Pasien COVID-19 atau infeksius terpisah dan sama sekali tidak bersilangan dengan jalur pasien non infeksius,” imbuhnya.

Kamar operasi ini telah dilengkapi area donning ( Pemakaian ) dan doffing ( Pelepasan ) Alat Pelindung Diri petugas, serta fasilitas shower bathing untuk petugas setelah doffing APD setelah selesai tindakan operasi. Ruangan tersebut telah tersekat dengan baik disertai pengaturan perbedaan tekanan udara. Selain standar kesterilan kamar operasi, seluruh tim operasi pada pasien infeksius menggunakakan APD level 3 (masker N95/ PAPR, cover all, faceshield/ google, sarung tangan) sebagai salah satu Protokol Pencegahan Infeksi di rumah sakit untuk mencegah cross contamination dan memberikan perlindungan tenaga kesehatan dan pasien.

Dengan hadirnya 2 Kamar operasi baru ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan ruang operasi di RS Keluarga Sehat yang sudah mendekati batas maksimal serta mampu meningkatkan mutu pelayanan operasi di era pandemi khususnya untuk pasien Covid-19,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar

Mungkin Anda melewatkan ini

Close Ads X