Kenali Perilaku Konsumen, Kembangkan untuk Meningkatan Penjualan Bisnis Online Kamu

infojateng.id - 23 September 2021
Kenali Perilaku Konsumen, Kembangkan untuk Meningkatan Penjualan Bisnis Online Kamu
Ilustrasi UMKM, credit foto orami.co.id - (infojateng.id)
Penulis
|
Editor

MAGELANG – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menggelar webinar literasi digital untuk masyarakat Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (22/9/2021). Mengusung tema ”Kreatif dan Produktif melalui E-Market di Dunia Digital”, diskusi virtual kali ini menghadirkan sejumlah narasumber yang meninjaunya dari sisi empat pilar literasi digital, yakni: digital ethics, digital safety, digital skills, dan digital culture.

Dari aspek digital ethics, Dosen Universitas Lancang Kuning (UNILAK) Pakanbaru Khuriyatul Husna berpendapat, e-market yang merupakan sistem pemasaran elektronik berbasis internet telah menjadi model transaksi jual beli masyarakat. Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat akibat pandemi Covid-19, makin melambungkan transaksi melalui e-market.

Menurut Khuriyatul, era digital mengenal setidaknya tiga jenis e-market atau toko online. Pertama, online shop, cirinya penjual menawarkan barang langsung ke pembeli, media promosi yang digunakan biasanya sosial media seperti Facebook atau Instagram. Namun ada juga yang menggunakan fasilitas webnya sendiri (tokonya sendiri).

Kedua, marketplace atau lokapasar, cirinya penjual menawarkan barang melalui sebuah situs marketplace. Beberapa marketplace Tokopedia, Bukalapak menjadi pihak ketiga dalam transaksi agar keamanan transaksi online terjamin. Ketiga, adalah e-commerce, merupakan sebuah situs khusus untuk sebuah toko online besar yang mempunyai gudang sendiri seperti Zalora, Berrybenka. Seorang penjual bisa ikut serta mempromosikan barang disini, caranya bekerjasama dengan e-commerce yang dituju.

Khuriyatul mengungkap faktor yang mempengaruhi dalam pengalaman belanja online dari sisi pengantaran (delivery), pengembalian barang (return), layanan pengiriman (shipping service). Hampir semua orang akan senang jika tahu estimasi waktu pengiriman barang, 2 dari 3 orang memilih biaya pengiriman yang paling murah, 43 persen berharap barang akan sampai dalam 2-3 hari, dan 30 persen berharap barang sampai dalam semalam.

”Pembeli sangat menghargai penjual yang memberi kemudahan atas pengembalian barang yang tidak sesuai. Bahkan, mereka cenderung akan memberitahukan kepada orang lain terkait kemudahan itu,” jelas Khuriyatul kepada ratusan partisipan webinar.

Pengungkapan faktor yang berpengaruh dalam belanja online, masih menurut Khuriyatul, diharapkan bisa menjadi gambaran dan pengalaman baik sebagai konsumen maupun produsen (jasa penjualan) dalam menjalankan bisnis online.

Berikutnya, pekerja dan pengembang media seni Tomy Widiyatno Taslim menyatakan, transaksi e-market yang terus bertumbuh dan diproyeksikan mencapai angka Rp 330,7 triliun sepanjang tahun 2021. Nilai itu meningkat dibandingkan transaksi perdagangan digital di 2020 yang tercatat sebesar Rp 253 triliun.

Tomy mengatakan, peningkatan nilai transaksi dalam perdagangan elektrik (e-commerce) berpengaruh secara signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja terutama yang tergabung dalam UMKM. Tahun ini, 17 juta UMKM telah tersambung dan melakukan perdagangan secara online.

”Tahun 2022 diperkirakan ada 26 juta jumlah pekerjaan (UMKM) yang didukung e-commerce, yakni 17 juta pemilik dan karyawan UMKM berbisnis online, dan 9 juta pekerja pendukung industri UMKM seperti bidang produksi atau pemasaran produk, 250 ribu pekerja logistik, 100 ribu pekerja di platform e-tailing,” urai Tomy.

Agar kreatif dan produktif maka perlu memperhatikan perilaku konsumen e-market. Perilaku konsumen merupakan kegiatan yang menjadi sebuah dasar bagi konsumen hingga akhirnya membuat keputusan untuk membeli suatu barang atau jasa. Perilaku konsumen sangat berkaitan erat dengan proses pembelian; ketika konsumen melakukan pencarian, penelitian hingga mengevaluasi sebuah produk atau jasa.

”Perilaku konsumen di era digital, yakni: melihat standard dan kualitas dari review; rasa toleransi konsumen tipis (komplain bisa dilakukan langsung); menghendaki dialog; banyak pertanyaan; suka cari informasi
Loyalitas (harga murah, diskon, gratis ongkir?); tidak ingin tertinggal hype/trend; korban mode/trend/gaya hidup; utamakan kemudahan pemesanan dan pembayaran; menyukai personalisasi/custom/beda dari yang lain,” pungkas Tomy.

Dipandu moderator Nadia Intan, webinar kali ini menghadirkan narasumber Hani Sutrisno (Owner Desa Bahasa dan Taman Kelinci), Rayndra Syahdan Mahmudin (Koordinator PKK Milenial Kabupaten Magelang), dan presenter TV Putri juniawan selaku key opinion leader. (*)




Tinggalkan Komentar

Terbaru Hari Ini

Pemkab Rembang Bakal Gelar Car Free Day di Alun-alun

Pemkab Rembang Bakal Gelar Car Free Day di Alun-alun

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Dukung Ketahanan Pangan, Polres Jepara Tebar Ribuan Bibit Ikan Lele

Dukung Ketahanan Pangan, Polres Jepara Tebar Ribuan Bibit Ikan Lele

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Wujudkan Lingkungan Bersih, TNI-Polri Bersama Lakukan Warga Kerja Bakti

Wujudkan Lingkungan Bersih, TNI-Polri Bersama Lakukan Warga Kerja Bakti

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
DPRD Kudus Bahas 15 Rancangan Perda untuk 2025, 4 Ranperda Inisiatif dari Legislatif

DPRD Kudus Bahas 15 Rancangan Perda untuk 2025, 4 Ranperda Inisiatif dari Legislatif

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Cegah Kenakalan Pelajar, Polisi Sambangi SMA Negeri 1 Mayong

Cegah Kenakalan Pelajar, Polisi Sambangi SMA Negeri 1 Mayong

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng   Pendidikan
Pemprov Jateng Raih Penghargaan Apresiasi Kinerja Pemerintah Daerah 2024

Pemprov Jateng Raih Penghargaan Apresiasi Kinerja Pemerintah Daerah 2024

Info Jateng   Laporan Khusus   Pemerintahan
Puluhan Ribu Jemaah Banjiri Jateng Bersolawat HUT ke-53 Korpri

Puluhan Ribu Jemaah Banjiri Jateng Bersolawat HUT ke-53 Korpri

Eks Karesidenan Surakarta   Info Jateng
Opsen PKB Berlaku 5 Januari 2025, Pemprov Jateng Tingkatkan Kerja Sama

Opsen PKB Berlaku 5 Januari 2025, Pemprov Jateng Tingkatkan Kerja Sama

Eks Karesidenan Surakarta   Info Jateng   Pemerintahan
Dinilai Sukses, Pemprov Jateng Komitmen Terus Perluas Wujudkan 79 Sekolah Damai

Dinilai Sukses, Pemprov Jateng Komitmen Terus Perluas Wujudkan 79 Sekolah Damai

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng   Pendidikan
Masa Jabatan Pj Wali Kota Salatiga Diperpanjang

Masa Jabatan Pj Wali Kota Salatiga Diperpanjang

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng   Pemerintahan
Polda Jateng Lepas Kepulangan 300 Personel BKO Korps Brimob Polri

Polda Jateng Lepas Kepulangan 300 Personel BKO Korps Brimob Polri

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng   Pemilu
Pemkab Kendal Lakukan Rekrutmen Eks Karyawan PT Master Kidz Indonesia

Pemkab Kendal Lakukan Rekrutmen Eks Karyawan PT Master Kidz Indonesia

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng
Pemkab Pemalang dan Purbalingga Sepakati Batas Daerah

Pemkab Pemalang dan Purbalingga Sepakati Batas Daerah

Eks Karesidenan Pekalongan   Info Jateng   Pemerintahan
Kejari Klaten Musnahkan Ribuan Botol Miras

Kejari Klaten Musnahkan Ribuan Botol Miras

Eks Karesidenan Surakarta   Info Jateng
DKPP Jepara Salurkan Subsidi Pangan kepada Warga

DKPP Jepara Salurkan Subsidi Pangan kepada Warga

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Kejari Cilacap Lakukan Pemusnahan Barang Bukti

Kejari Cilacap Lakukan Pemusnahan Barang Bukti

Eks Karesidenan Banyumas   Info Jateng
TNI Polri Bersama Relawan Perbaiki Tanggul Desa Kragilan

TNI Polri Bersama Relawan Perbaiki Tanggul Desa Kragilan

Eks Karesidenan Surakarta   Info Jateng
Porprov Korpri Jateng 2024, Jepara Boyong Satu Emas dan Empat Perunggu

Porprov Korpri Jateng 2024, Jepara Boyong Satu Emas dan Empat Perunggu

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Bukukan Prestasi Peduli HAM Tingkat Nasional, Batang Raih Penghargaan Ke-8 Kali

Bukukan Prestasi Peduli HAM Tingkat Nasional, Batang Raih Penghargaan Ke-8 Kali

Eks Karesidenan Pekalongan   Info Jateng   Pemerintahan   Pendidikan
Pemkab Rembang Pembina Terbaik Keamanan Pangan Olahan Siap Saji

Pemkab Rembang Pembina Terbaik Keamanan Pangan Olahan Siap Saji

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng   Kesehatan   Laporan Khusus
Close Ads X