93 Keluarga dari Jateng Transmigrasi ke Kalimatntan Tengah

93 Keluarga dari Jateng Transmigrasi ke Kalimatntan Tengah

infojateng.id - 17 Desember 2019
93 Keluarga dari Jateng Transmigrasi ke Kalimatntan Tengah
Pj Sekda Jateng Herru Setijadie saat berbincang dengan salah satu transmigran balum lama ini. - ()
Penulis
|
Editor

SEMARANG – Penjabat Sekretaris Jateng Herru Setiadhie melepas 93 kepala keluarga dari beberapa daerah di Jawa Tengah untuk mengikuti program transmigrasi sharing ke Unit Permukiman Transmigrasi (UPT) Kahingai, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah.

“Para calon transmigran dari beberapa daerah itu sangat gembira dan semangat akan mengarungi kehidupan baru di Kahingai Lamandau,” ujar Pj Sekda di sela pelepasan calon transmigran asal Jateng di Semarang, Selasa (17/12/2019).

Herru mengatakan, sebanyak 93 KK yang terdiri 332 jiwa tersebut akan berangkat melalui perjalanan laut dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (18/12/2019). Ratusan calon transmigran optimistis dapat beradaptasi dan siap bekerja keras di lokasi transmigrasi. Bahkan mereka menyatakan akan pulang ke kampung halaman setelah berhasil sebagai transmigran.

“Sama-sama warga Indonesia, pesane nek mulyone ten mriko maka mulyone nggo tilik sedulur. Jadi saya yakin di sini tidak ada tangis, duka, ataupun keterpaksaan karena semua melakukan dengan penuh kesadaran. Mudah-mudahan saudara-saudara yang kita antarkan sukses dan sejahtera,” harapnya.

Program transmigrasi sharing merupakan inisiatif Pemprov Jateng bersama beberapa pemkab dan pemkot di penjuru nusantara, salah satunya dengan Pemkab Lamandau. Program tersebut kemudian mendapat dukungan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Sementara itu, Muslim (45) salah seorang transmigran asal Kabupaten Temanggung mengatakan siap mengembangkan komoditas pertanian unggulan Temanggung di daerah Lamandau.

“Kami siap bekerja keras untuk meningkatkan taraf ekonomi keluarga. Pagi sampai siang, saya akan mengembangkan pertanian di tempat baru, kemudian malamnya akan memperdalam ilmu agama,” bebernya.(redaksi)

Tinggalkan Komentar

Mungkin Anda melewatkan ini

Close Ads X