Pelayanan Publik dan Persepsi Anti Korupsi pada Masa Pandemi

infojateng.id - 1 Januari 2022
Pelayanan Publik dan Persepsi Anti Korupsi pada Masa Pandemi
Ahmad Fahrur Rohim, S.ST, MM Statistisi Ahli Muda BPS Kabupaten Jepara - (infojateng.id)
Penulis
|
Editor

*Penulis Ahmad Fahrur Rohim, S.ST, MM
Statistisi Ahli Muda BPS Kabupaten Jepara

INFOJATENG.ID- Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia mulai Maret 2020 telah telah mempengaruhi seluruh sendi kehidupan, tidak terkecuali pemerintahan. Kondisi tersebut membuat pemerintah pusat dan daerah dituntut melakukan adaptasi dalam upaya menjaga perekonomian nasional dan tetap menjalankan roda pemerintahan.
Pelayanan Publik

Pelayanan publik merupakan salah satu hal yang terdampak adanya pandemi ini. Di tengah-tengah upaya pemerintah meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat, maka pandemi ini menjadi sebuah tantatngan tersendiri. Apalagi baru-baru ini pemerintah meluncurkan core values Aparatur Sipil Negara (ASN). Nilai inti tersebut adalah “Berakhlak” vang merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. Selain itu pemerintah juga menetapkan employer branding ASN yaitu “Bangga Melayani Bangsa”. Dari kedua hal yang diluncurkan pemerintah tersebut diharapkan dapat dipedomani ASN, meskipun pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia.

Salah satu nilai inti ASN yang menjadi sorotan pada era pandemi ini adalah orientasi pelayanan. Pelayanan publik yang diselenggrakan pemerintah mempunyai tujuan untuk untuk memuaskan masyarakat. Pertanyaan yang sering muncul pada saat pandemi ini adalah “Bagaimana jaminan pelayanan publik kepada masyarakat pada saat pandemi? Apakah masyarakat sudah terlayani dengan optimal? Meskipun dengan segala keterbatasan yang ada, masyarakat tetap berhak mendapatkan pelayanan yang baik dari unsur pemerintah. Jaminan tersebut termuat dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang menjamin hak masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik yang baik.

Fenomena tersebut di atas cukup menarik, pada satu sisi pemerintah ingin meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat, sedangkan pada sisi yang lain banyak pembatasan yang harus dipatuhi selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada situasi pandemi ini. Kondisi tersebut membuat banyak instansi pemerintah melakukan inovasi pelayanan tatap muka menjadi pelayanan secara Online memanfaatkan Teknologi Informasi (TI).

Dengan pelayanan secara virtual tersebut tentu diharapkan tidak merubah filosofi pelayanan yang sesungguhnya. Bisa jadi emoticon dan tulisan yang bermaksud senyum, sapa dan salam pada aplikasi ataupun web layanan secara online memang belum mampu mewakili senyuman manis dan ramahnya sapaan dari pegawai bagian layanan secara langsung. Namun, setidaknya esensi pelayanan sudah dapat terpenuhi. Selain itu juga jaringan internet yang belum merata dan kesadaran TI masyarakat yang masih rendah juga menjadi tantangan tersendiri. Oleh sebab itu, maka sebaiknya ada inovasi dan terobosan untuk mengawal kepuasan masyarakat tersebut, misalnya dengan adanya nomer hotline dan nomer pengaduan layanan yang dapat diakses masyarakat.




Halaman:
1
2

Tinggalkan Komentar

Terbaru Hari Ini

Disdagkop UKM Kendal Gelar Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM

Disdagkop UKM Kendal Gelar Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM

Ekonomi   Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng
Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Kendal, Pemkab Akan Berkolaborasi dengan SIS

Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Kendal, Pemkab Akan Berkolaborasi dengan SIS

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng   Pendidikan
Waspadai Penipuan Jelang Pembukaan CASN

Waspadai Penipuan Jelang Pembukaan CASN

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng   Pemerintahan
Dampingi WBP Baru, Kalapas Batang Siapkan Blok Mapenaling

Dampingi WBP Baru, Kalapas Batang Siapkan Blok Mapenaling

Eks Karesidenan Pekalongan   Info Jateng
Sekda Jepara : Jangan Bawa Beda Pilihan Politik ke Rumah Ibadah

Sekda Jepara : Jangan Bawa Beda Pilihan Politik ke Rumah Ibadah

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng   Pemilu
Resmikan Pasar Desa Brangsong, Ini Pesan Bupati Kendal Kepada Pedagang

Resmikan Pasar Desa Brangsong, Ini Pesan Bupati Kendal Kepada Pedagang

Ekonomi   Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng
Pekerja di Kendal Diberikan Edukasi Penggunaan QRIS

Pekerja di Kendal Diberikan Edukasi Penggunaan QRIS

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng
Perangkat Desa di Kendal Ikuti Sosialisasi Kesadaran Bela Negara

Perangkat Desa di Kendal Ikuti Sosialisasi Kesadaran Bela Negara

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng
Marching Band Es-Silahy MA Silahul Ulum Ikuti Asian Music Games 

Marching Band Es-Silahy MA Silahul Ulum Ikuti Asian Music Games 

Info Jateng
Kirab Pemilu 2024, Ajang Sosialisasi Sekaligus Hibur Masyarakat

Kirab Pemilu 2024, Ajang Sosialisasi Sekaligus Hibur Masyarakat

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng   Pemilu
Kunjungi Pemprov Jateng, PPUU DPD RI Jaring Masukan Revisi UU Administrasi Pemerintahan

Kunjungi Pemprov Jateng, PPUU DPD RI Jaring Masukan Revisi UU Administrasi Pemerintahan

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng   Pemerintahan
Jelang Tempati Puri Gedeh, Nana Sudjana Gelar Doa Bersama

Jelang Tempati Puri Gedeh, Nana Sudjana Gelar Doa Bersama

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng
Potensi Investasi Tinggi, Penyusunan RDTR Bergas Terus Dikebut

Potensi Investasi Tinggi, Penyusunan RDTR Bergas Terus Dikebut

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng   Investasi
Gerakan Ayo Shalat Berjamaah Membentuk Karakter Religius di Lingkungan Sekolah

Gerakan Ayo Shalat Berjamaah Membentuk Karakter Religius di Lingkungan Sekolah

Info Jateng
Marching Band Ansor-Banser Cepogo Angkat Tema Islam Nusantara di Asian Music Games

Marching Band Ansor-Banser Cepogo Angkat Tema Islam Nusantara di Asian Music Games

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Eni Saragih Al Khadziq Apresiasi Pengelolaan Paud Elpist Inisnu

Eni Saragih Al Khadziq Apresiasi Pengelolaan Paud Elpist Inisnu

Info Jateng
Dapat NIB Gratis, Pedagang Makanan Tradisional Makin Percaya Diri

Dapat NIB Gratis, Pedagang Makanan Tradisional Makin Percaya Diri

Eks Karesidenan Pekalongan   Info Jateng
UMKM Kabupaten Semarang Pikat Anggota IPI Batam

UMKM Kabupaten Semarang Pikat Anggota IPI Batam

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng   Komunitas   Wisata
Disnaker Batang Gelar Pelatihan Tahap 2 Guna Cetak Wirausaha Tangguh

Disnaker Batang Gelar Pelatihan Tahap 2 Guna Cetak Wirausaha Tangguh

Eks Karesidenan Pekalongan   Info Jateng
Pemkab Kudus Maksimalkan Ambulans untuk Layanan Pemakaman

Pemkab Kudus Maksimalkan Ambulans untuk Layanan Pemakaman

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Close Ads X