Pati – Tak hanya anak didik, pendidik pun dipaksa untuk memahami dan menguasai pemanfaatan teknologi dalam kelas daring selama pembelajaran jarak jauh (PJJ). Danung Singgihaji dari Komisi B DPRD Pati mendorong para pendidik untuk mau belajar literasi digital baik dalam penggunaan teknologi secara teknis dan nonteknis.
Danung mengatakan bahwa tidak semua pendidik lancar dalam mengoperasikan media digital daring, baik itu medsos atau media belajar daring lainnya. Bagi guru-guru generasi sebelum generasi milenial butuh usaha lebih untuk menggunakan platform digital.
Pesatnya perkembangan teknologi, kata Danung, sebenarnya mempermudah insan pendidikan. Sekarang banyak konten yang menyediakan berbagai jenis informasi, tips dan trik dalam menggunakan platform-platform digital. Sehingga pekerjaan rumah guru saat ini adalah memiliki kemauan untuk belajar dan beradaptasi menggunakan teknologi.
Disisi lain, selain menguasai keterampilan teknis teknologi informasi dan komunikasi guru juga perlu memahami informasi di internet yang akan digunakan sebagai bahan ajar kepada anak didik. Dalam proses belajar guru perlu menyaring informasi yang didapat dari internet sebum disampaikan kepada peserta didik.
Oleh sebab itu guru perlu memahami tautan-tautan yang kredibel. Dari sumber yang kredibel pun, kata Danung, guru harus membaca secara tuntas informasi untuk memastikan informasi yang didapat dapat dipertanggungjawabkan.(redaksi)