Pulau Momongan Bisa Jadi Alternatif Wisata Libur Lebaran

Pulau Momongan Bisa Jadi Alternatif Wisata Libur Lebaran

infojateng.id - 31 Mei 2019
Pulau Momongan Bisa Jadi Alternatif Wisata Libur Lebaran
DOK HUMAS JATENG- Gubernur Ganjar Pranowo saat menaiki perahu bersama rombongan di Pulau Momongan, Desa Jetis, Cilacap belum lama ini. - ()
Penulis
|
Editor

CILACAP – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melihat potensi wisata Pulau Momongan yang ada di Desa Jetis Kabupaten Cilacap belum lama ini. Dengan pemandangan alam dan balutan cerita yang menempel, Ganjar yakin pulau itu akan menjadi destinasi wisata hebat di masa mendatang.

Pulau Momongan terletak di tengah aliran sungai Bodo Ijo, Kabupaten Cilacap. Untuk menuju ke pulau tersebut, Ganjar dan rombongan harus menaiki perahu dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jetis.

Selain pemandangan wisata yang indah karena dikelilingi kawasan pegunungan karst, Pulau Momongan memiliki cerita mistis yang sudah terkenal di masyarakat. Mitosnya, bagi pasangan yang sudah lama menikah namun belum memiliki keturunan atau dalam bahasa jawa ‘Momongan,’ setelah berkunjung ke pulau itu dan berdoa, maka akan segera memiliki anak.

“Potensi Pulau Momongan ini luar biasa. Selain pemandangan alam dan cerita yang menarik di dalamnya. Pulau Momongan ini sudah terkenal di kalangan masyarakat, namun masih perawan dan membutuhkan sentuhan untuk menjadi destinasi wisata terkenal,” kata Ganjar.

Di pulau tersebut, lanjut dia, dapat dibangun jogging track yang bagus untuk mengelilingi pulau yang penuh dengan tanaman mangrove tersebut. Selain itu, dapat pula ditambah dengan bangunan-bangunan cantik untuk menambah daya tarik pengunjung.

“Atau dengan event, karena pulau dikelilingi sungai yang cukup dalam, bisa saja digelar event lomba dayung, jetski dan sebagainya. Ini tentu akan menarik, dan saya membayangkan pasti itu luar biasa,” terangnya.

Untuk itu, Ganjar meminta pihak desa atau Kabupaten Cilacap segera menggandeng konsultan atau perguruan tinggi. Tujuannya, untuk mendesain pulau tersebut menjadi destinasi wisata yang menarik.

“Meski hanya pulau kecil, tapi kalau didesain bagus pasti akan cantik. Momongan ini sudah memiliki nilai plus, karena sudah dikenal banyak orang,” ucapnya.

Halaman:
1
2

Tinggalkan Komentar

Mungkin Anda melewatkan ini

Close Ads X