5 Tips Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

infojateng.id - 16 November 2022
5 Tips Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari
Ilustrasi melakukan tips tidur nyenyak di malam hari/freepik - (infojateng.id)
|
Editor

Infojateng – Berikut beberapa tips tidur agar lebih nyenyak di malam hari. Waktu malam merupakan waktu yang sangat bagus untuk istirahat.

Jadi, tidur malam yang nyenyak sama pentingnya dengan olahraga teratur ataupun diet sehat. Bisa dikatakan tidur malam yang nyenyak adalah salah satu aktivitas pola hidup sehat.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar tidur lebih nyenyak di malam hari. Namun sebelumnya, perlu diketahui bahwa ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengakibatkan dampak negatif.

Dampaknya dapat dirasakan secara langsung mengenai perubahan hormon, bisa juga berdampak pada kinerja olahraga dan fungsi otak.

Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan penambahan berat badan dan meningkatkan risiko penyakit.

Sebaliknya nih, tidur nyenyak dapat membantu diri untuk makan lebih sedikit, berolahraga lebih baik dan dampanya diri menjadi lebih sehat.

Bagi anda yang menginginkan tubuh ideal, bisa dengan cara tidur lebih nyenyak nih. Supaya berat badan dan kesehatan dapat terjaga dengan baik.

Lalu apa saja trik atau tips agar bisa tidur nyenyak di malam hari?

Berikut infojateng rangkum dari laman healthline mengenai 5 tips tidur agar lebih nyenyak di malam hari.

1. Jangan Mengkonsumsi Kafeindi Sore Hari

Tentu kita sudah mengenal dan selalu mendengar soal kafein. Kafein sendiri, dikenal memiliki sejumlah manfaat yang baik dan banyak di konsumsi oleh masyarakat di Indonesia.

Bahkan kafein, dianggap dapat membantu diri agar tetap fokus, berenergi sehingga tetap giat.

Namun, ketika dikonsumsi di sore hari, kafein merangsang sistem saraf dan dapat membuat tubuh tidak relaks secara alami di malam hari.

Dalam sebuah penelitian yang dijelaskan di healthline mengonsumsi kafein hingga 6 jam sebelum tidur secara signifikan memperburuk kualitas tidur (34).

Kafein dapat tetap tinggi dalam darah selama 6-8 jam. Oleh karena itu, minum kopi dalam jumlah banyak setelah jam 3–4 sore tidak disarankan.

2. Kurangi Tidur Siang yang Tidak Teratur

Meskipun tidur siang singkat bermanfaat, tidur siang yang lama atau tidak teratur di siang hari dapat berdampak negatif pada tidur di malam hari.

Faktanya, dalam satu penelitian, peserta menjadi lebih mengantuk di siang hari setelah tidur siang.

Studi lain mencatat bahwa meskipun tidur siang selama 30 menit atau kurang dapat meningkatkan fungsi otak di siang hari, tidur siang yang lebih lama dapat membahayakan kesehatan dan kualitas tidur.

Jadi, jika tidur siang dalam waktu singkat atau pendek misal 20 menit, dapat berpengaruh baik namun saat tidur siang dalam waktu lama dapat berpengaruh buruk.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa tidur siang secara teratur tidak mengalami kualitas tidur yang buruk atau gangguan tidur di malam hari.

3. Cobalah Untuk Tidur dan Bangun pada Waktu yang Konsisten

Konsisten dengan waktu tidur dan bangun dapat membantu kualitas tidur jangka panjang

Salah satu penelitian mencatat bahwa peserta yang memiliki pola tidur tidak teratur dan tidur larut malam pada akhir pekan dilaporkan kurang tidur.

Penelitian lain telah menyoroti bahwa pola tidur yang tidak teratur dapat mengubah ritme yang memberi sinyal pada otak untuk tidur.

Jika sulit tidur, cobalah untuk membiasakan diri bangun dan tidur pada waktu yang sama.

4. Jangan Minum Alkohol

Minum beberapa minuman di malam hari dapat berdampak negatif pada tidur dan hormon.

Alkohol diketahui menyebabkan atau meningkatkan gejala apnea tidur, mendengkur, dan pola tidur yang terganggu.

Ini juga mengubah produksi melatonin malam hari, yang memainkan peran kunci dalam ritme sirkadian tubuh.

Penelitian lainnya menemukan bahwa konsumsi alkohol di malam hari menurunkan peningkatan alami hormon pertumbuhan manusia (HGH) di malam hari.

5. Jangan Makan Larut Malam

Makan larut malam dapat berdampak negatif pada kualitas tidur dan pelepasan alami HGH dan melatonin.

Meskipun demikian, kualitas dan jenis camilan larut malam juga dapat berperan.

Dalam sebuah penelitian, makanan tinggi karbohidrat yang dimakan 4 jam sebelum tidur membantu orang tertidur lebih cepat.

Menariknya, satu penelitian menemukan bahwa diet rendah karbohidrat juga meningkatkan kualitas tidur, menunjukkan bahwa karbohidrat tidak selalu diperlukan, terutama jika terbiasa dengan diet rendah karbohidrat.***




Tinggalkan Komentar

Terbaru Hari Ini

Wakili Indonesia, 10 Atlet Bertalenta Khusus Asal Jateng Berlaga di Bangladesh

Wakili Indonesia, 10 Atlet Bertalenta Khusus Asal Jateng Berlaga di Bangladesh

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng   Olahraga
Amankan Pesta Lomban 2024, Polres Jepara Siagakan Ratusan Personel Gabungan

Amankan Pesta Lomban 2024, Polres Jepara Siagakan Ratusan Personel Gabungan

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng   Seni & Budaya
Pengprov PBSI Jateng Dorong 35 Pengkab dan Pengkot Aktif Sampaikan Informasi lewat Medsos

Pengprov PBSI Jateng Dorong 35 Pengkab dan Pengkot Aktif Sampaikan Informasi lewat Medsos

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng
Dua Bus Disiapkan, Warga Antusias Sambut Program Balik Mudik Gratis Polres Jepara

Dua Bus Disiapkan, Warga Antusias Sambut Program Balik Mudik Gratis Polres Jepara

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Persiapan Timnas Indonesia U-23 Hadapi Piala Asia U-23 2024 Tak Sempurna, Ini Alasannya

Persiapan Timnas Indonesia U-23 Hadapi Piala Asia U-23 2024 Tak Sempurna, Ini Alasannya

Info Jateng   Olahraga
Berikut 5 Manfaat Puasa Syawal yang Perlu Diketahui

Berikut 5 Manfaat Puasa Syawal yang Perlu Diketahui

Info Jateng
Hingga H+3 Lebaran, Perayaan Idulfitri di Jateng Berjalan Baik

Hingga H+3 Lebaran, Perayaan Idulfitri di Jateng Berjalan Baik

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng
“One Way” Arus Balik Mulai Diberlakukan, Pemprov Jateng Terus Pantau

“One Way” Arus Balik Mulai Diberlakukan, Pemprov Jateng Terus Pantau

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng
Intensitas Hujan Diprediksi Sedang Hingga Tinggi, Nana Imbau Masyarakat Tetap Waspada

Intensitas Hujan Diprediksi Sedang Hingga Tinggi, Nana Imbau Masyarakat Tetap Waspada

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng
Bermesraan Sambil Konsumsi Miras, Dua Sejoli Diciduk Tim Patroli Siraju

Bermesraan Sambil Konsumsi Miras, Dua Sejoli Diciduk Tim Patroli Siraju

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Orang Dermawan Masuk Surga Dahulu

Orang Dermawan Masuk Surga Dahulu

Komunitas   Pendidikan
Wisatawan Mulai Padati Objek Wisata, Polres Jepara Imbau Pengunjung Jaga Keselamatan

Wisatawan Mulai Padati Objek Wisata, Polres Jepara Imbau Pengunjung Jaga Keselamatan

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng   Wisata
PP IKSAB TBS Adakan Halal Bi Halal

PP IKSAB TBS Adakan Halal Bi Halal

Komunitas
Lonjakan Pengunjung, Patroli Objek Wisata Diintensifkan

Lonjakan Pengunjung, Patroli Objek Wisata Diintensifkan

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng   Wisata
Ramai Pengunjung, Polisi Lakukan Pemantauan Objek Wisata Jepara

Ramai Pengunjung, Polisi Lakukan Pemantauan Objek Wisata Jepara

Eks Karesidenan Pati   Wisata
Jelang Proliga 2024, Gresik Petrokimia Mengandalkan Pedro Lilipaly Sebagai Juru Taktik

Jelang Proliga 2024, Gresik Petrokimia Mengandalkan Pedro Lilipaly Sebagai Juru Taktik

Info Jateng   Olahraga
Halalbihalal, Bupati Apresiasi Polres Blora dalam Pengamanan Idulftri 1445 dan Arus Mudik

Halalbihalal, Bupati Apresiasi Polres Blora dalam Pengamanan Idulftri 1445 dan Arus Mudik

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Nelayan Batang Gelar Lomba Dayung, Ajang Bangun Kebersamaan dan Perkuat Rasa Persaudaraan

Nelayan Batang Gelar Lomba Dayung, Ajang Bangun Kebersamaan dan Perkuat Rasa Persaudaraan

Eks Karesidenan Pekalongan   Info Jateng
IGD RSUD Batang Siagakan Petugas Medis 24 Jam Selama Lebaran

IGD RSUD Batang Siagakan Petugas Medis 24 Jam Selama Lebaran

Eks Karesidenan Pekalongan   Info Jateng   Kesehatan
Gencarkan Patroli ke Objek Wisata, Polres Jepara Gelar Pengamanan Libur Lebaran 2024

Gencarkan Patroli ke Objek Wisata, Polres Jepara Gelar Pengamanan Libur Lebaran 2024

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Close Ads X