Lima Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Ngabuburit di Masa Pandemi

  • Whatsapp
Ilustrasi foto

MOMEN bulan ramadhan tahun ini memang jauh berbeda bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, banyak momen yg sejatinya telah menjadi suatu macam tradisi, kemudian tak bisa dilakukan. Salah satunya adalah “Ngabuburit” atau menunggu waktu berbuka bersama.

Dulu, momen ini seringkali menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu, khususnya bagi khalayak muda. Hunting kuliner, mendatangi tempat wisata, keramaian, atau sekedar melakukan berbagai aktivitas bersama selalu menjadi momen nan indah di bulan yang penuh berkah.

Bacaan Lainnya

Eits, jangan keburu baper dulu, karena ada banyak hal kok yang bisa dicoba untuk ngabuburit selama massa Pandemi seperti sekarang ini. Tentunya hal tersebut tidak akan kalah seru, bahkan bisa memberi pengalaman yang baru.

Mau tahu apa saja yang bisa dilakukan? Yuk intip :
1. Mengisi kesibukan dengan hobi


Ada cukup banyak hobi yang tetap bisa dilakukan meski ada aturan Physical distancing seperti sekarang ini. Baca buku misalnya, ini tentu menjadi hal menarik. Barangkali masih banyak buku yang sudah terlanjur dibeli namun belum kita sentuh.

Hobi lain seperti berolahraga seperti lari, bersepeda atau senam tentu juga bisa dinikmati saat sore menjelang berbuka. Namun tetap jangan bergerombol ya gaes?.

Atau barangkali ada hobi lain? Bagi cewek membuat kue kering mungkin? Hmmm. Ini justru malah bisa membuka peluang bisnis lho. Apalagi menjelang lebaran seperti sekarang ini.

2. Memasak dan Mempersiapkan Berbuka Bersama Keluarga


Nah mempersiapkan menu berbuka justru yang paling direkomendasikan. Bila semuanya biasanya bergantung hanya pada “simbok”, tidak ada salahnya yuk mulai sekarang membantu. Mulai dari membantu memasak, maupun mempersiapkan perlengkapan berbuka bagi anak cowok misalnya.
Seru kan misalnya sesekali berbukanya disetting dengan suasana candle light dinner dengan sentuhan yang romantis. Selain menambah keakraban antar keluarga tentunya ini juga bisa meringankan ibu. Pahala insyaallah bakal mengalir.

3. Mencoba Hal Baru


Mencoba hal baru yang pernah dilakukan sebelumnya juga menjadi tantangan tersendiri. Cukup banyaknya waktu luang saat #DirumahAja bisa kita manfaatkan untuk mengembangkan pengalaman serta ketrampilan.
Anak cewek gak bisa masak? Nah sekarang lah waktunya. Minta ajarin sama bunda, minimal bedain mana garam dan mana gula. Mana jahe mana kunyit?. Bila biasanya Cuma masak air, yuk sesekali nyoba resep yang banyak bersliweran di internet. Gimana seru kan?
Lalu gimana dengan cowok? Justru ada banyak hal yang bisa dicoba lho. Mulai memperbaiki perkakas rumah yang rusak, coba buat kolam ikan sendiri, atau mau nyoba buat rak buku atau bahkan lemari? Tenang saja Mbah Google serta Youtube akan setia membantumu kok.

4. Meluangkan Waktu bersama Keluarga


Kalau dipikirkan salah satu hikmah di masa sekarang ini yakni banyaknya waktu luang bersama keluarga. Namun tentu ini akan terlewat kalau kita Cuma mainan gawai dan di kamar aja gaes. Yuks coba buat kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga.
Pernah gak kepikiran main Play Station bersama ayah? Atau ngobrol di teras halaman sambil menikmati senja di rumah bersama ibu? Justru lebih so sweet lho.

5. Memperbanyak Beribadah


Tentunya dari kesemua itu memperbanyak ibadah justru yang paling utama dilakukan. Banyaknya waktu di bulan suci seperti sekarang ini menjadi momen yang pas untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas beribadah.
Bila biasanya keinginan mengaji selepas salat Ashar terganggu dengan godaan buka bersama, tentunya sekarang ini bisa dilakukan. Menargetkan khatam Al Quran bisa jadi motivasi sekarang ini. (IJB/IJD)

Semut Coffee

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *