Menulis Artikel Scopus untuk Bisnis

infojateng.id - 11 Maret 2024
Menulis Artikel Scopus untuk Bisnis
Dr. Hamidulloh Ibda, M.Pd., adalah international reviewer pada sejumlah jurnal. - (infojateng.id)
|
Editor

 

Oleh Hamidulloh Ibda

Infojateng.id – Apakah bisa kita menulis artikel terindeks Scopus untuk bisnis? Sebenarnya bisa. Apa sih yang tidak bisa di dunia ini? Meski menulis artikel di jurnal terindeks Scopus harus membayar untuk biaya APC, namun kita harus mendudukkan judul artikel ini dengan benar dan tepat. Dalam dunia akademik dan bisnis, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal terindeks Scopus merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mengkomunikasikan temuan dan mengukuhkan reputasi sebagai pakar di bidang tertentu. Bagi para profesional bisnis, menulis artikel Scopus bukan hanya tentang memenuhi persyaratan akademik, tetapi juga tentang memperluas jangkauan pengetahuan dan memperkenalkan inovasi dalam industri.

 

Dalam era pengetahuan menjadi mata uang utama, menulis artikel yang dipublikasikan dalam jurnal terindeks Scopus dapat menjadi sumber keuntungan materiil yang signifikan, terutama dalam konteks bisnis. Artikel yang diterbitkan tidak hanya meningkatkan reputasi pribadi sebagai pakar di industri tertentu, tetapi juga membuka peluang untuk mendapatkan keuntungan finansial yang substansial.

Strategi

Dari pengalaman dan bacaan saya, terdapat beberapa strategi yang dapat Anda terapkan untuk memaksimalkan potensi keuntungan materiil melalui penulisan artikel Scopus dalam konteks bisnis. Pertama, mencari jurnal yang gratis tanpa biaya, dan dari lembaga/kampus kita otomatis mendapatkan rekognisi/insentif publikasi. Ini bukan bisnis murni, namun menjadi bagian untuk mendapatkan rekognisi. Kedua, pengembangan inovasi yang bersifat komersial. Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan artikel Scopus secara materiil adalah dengan mengembangkan inovasi yang memiliki potensi komersial yang tinggi. Artikel yang mengungkapkan temuan baru atau solusi yang inovatif dalam industri tertentu dapat menjadi pijakan untuk mengembangkan produk atau layanan yang dapat dipasarkan secara luas.

Ketiga, peningkatan peluang pendanaan dan investasi. Artikel Scopus yang mengungkapkan temuan yang menarik dan relevan dalam konteks bisnis memiliki potensi untuk menarik minat investor dan pemberi dana. Informasi yang didukung oleh penelitian yang solid dan terpublikasi dapat menjadi faktor penentu dalam keputusan investasi atau pendanaan untuk proyek bisnis Anda. Keempat, membangun jaringan dan kemitraan bisnis. Prestasi dalam penelitian yang tercermin dalam artikel Scopus dapat menjadi alat yang ampuh untuk membangun jaringan dan kemitraan bisnis yang berharga. Bisnis sering kali mencari pakar dan pemimpin pemikiran di bidang tertentu untuk berkolaborasi atau bermitra dalam proyek-proyek strategis. Artikel yang diterbitkan dapat menjadi pintu masuk untuk memperluas jaringan Anda dan membuka peluang kemitraan yang menguntungkan.

 

Kelima, peningkatan nilai personal branding. Publikasi dalam jurnal terkemuka seperti Scopus dapat memberikan dorongan signifikan terhadap personal branding Anda sebagai ahli di industri tersebut. Ketika Anda diakui sebagai penulis yang berpengaruh dalam bidang tertentu, ini dapat meningkatkan nilai Anda sebagai konsultan, pembicara publik, atau penasihat bisnis, membuka peluang untuk mendapatkan honorarium yang lebih tinggi. Keenam, menjadi sumber pengetahuan yang dibayar. Artikel Scopus yang mencerminkan pengetahuan yang berharga dan aplikatif dalam konteks bisnis dapat menjadi sumber pengetahuan yang sangat dicari oleh perusahaan, lembaga riset, atau organisasi profesional. Anda dapat memanfaatkan artikel Anda sebagai basis untuk menawarkan layanan konsultasi, pelatihan, atau pembicaraan yang dibayar dengan harga premium.

Ketujuh, memperoleh penghargaan dan pengakuan profesional. Publikasi dalam jurnal terkemuka seperti Scopus sering kali dianggap sebagai pencapaian akademik yang luar biasa. Artikel yang diterbitkan dapat menjadi landasan untuk mendapatkan penghargaan dan pengakuan profesional dari organisasi bisnis, asosiasi industri, atau lembaga pendidikan tinggi. Penghargaan semacam ini tidak hanya meningkatkan reputasi Anda, tetapi juga dapat membuka pintu untuk kesempatan bisnis yang lebih baik.

Menulis artikel yang dipublikasikan dalam jurnal terindeks Scopus dapat menjadi investasi yang menguntungkan dalam karier dan bisnis Anda. Dengan mengikuti strategi yang tepat, Anda dapat mengoptimalkan potensi keuntungan materiil dari publikasi tersebut, yang pada gilirannya dapat memperkuat posisi Anda sebagai pemimpin pemikiran dan inovator di dunia bisnis.

Bisnis Pengetahuan?

Dalam era digital yang terus berkembang, pengetahuan menjadi salah satu aset paling berharga bagi bisnis. Publikasi artikel dalam jurnal terindeks Scopus bukan hanya tentang membagikan pengetahuan, tetapi juga tentang memanfaatkannya secara strategis untuk meningkatkan kinerja bisnis Anda. Berikut terdapat beberapa strategi untuk memanfaatkan potensi bisnis pengetahuan melalui publikasi artikel Scopus. Pertama, memperluas jangkauan dan reputasi bisnis. Artikel yang diterbitkan dalam jurnal terkemuka seperti Scopus dapat meningkatkan visibilitas dan reputasi bisnis Anda secara signifikan. Publikasi ini membuat bisnis Anda terlihat lebih kredibel di mata pelanggan, investor, dan mitra potensial, membantu Anda memperluas jangkauan pasar dan menarik perhatian yang lebih besar.

Kedua, menarik investor dan pendanaan. Publikasi dalam jurnal terkemuka memperkuat legitimasi bisnis Anda di mata investor dan pemberi dana. Artikel Scopus yang mencerminkan pencapaian riset dan inovasi dapat meningkatkan daya tarik bisnis Anda sebagai tujuan investasi, membuka pintu untuk pendanaan tambahan dan peluang pertumbuhan yang lebih besar. Ketiga, membangun kemitraan dan kolaborasi. Artikel Scopus dapat menjadi alat yang ampuh untuk membangun kemitraan dan kolaborasi strategis dengan perusahaan lain, lembaga riset, atau universitas. Bisnis yang diakui sebagai pemimpin pemikiran dalam bidang tertentu cenderung menarik minat mitra potensial untuk berkolaborasi dalam proyek-proyek bersama, membuka peluang untuk pertumbuhan dan inovasi lebih lanjut.

Keempat, peningkatkan keunggulan kompetitif. Dengan publikasi artikel Scopus, bisnis Anda dapat menetapkan dirinya sebagai pemimpin dalam industri tertentu. Informasi dan temuan yang dibagikan melalui artikel ini dapat memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan, membantu Anda membedakan diri dari pesaing dan memenangkan pangsa pasar yang lebih besar. Kelima, menghasilkan pendapatan tambahan dari lisensi dan hak cipta. Informasi dan penemuan yang diungkapkan dalam artikel Scopus dapat menjadi aset berharga yang dapat dimonetisasi melalui lisensi dan hak cipta. Bisnis dapat memanfaatkan hak atas penelitian mereka untuk menjual lisensi kepada pihak lain yang tertarik dengan pengetahuan atau teknologi yang dihasilkan.

Keenam, peningkatan kemungkinan mendapatkan penghargaan dan pengakuan industri. Prestasi dalam penelitian dan publikasi artikel Scopus dapat meningkatkan kemungkinan bisnis Anda mendapatkan penghargaan dan pengakuan dari industri. Penghargaan semacam ini tidak hanya meningkatkan reputasi bisnis Anda, tetapi juga dapat membuka pintu untuk kesempatan bisnis yang lebih baik dan kemitraan yang lebih menguntungkan. Ketujuh, mendorong inovasi dan pengembangan produk. Penelitian yang diungkapkan melalui artikel Scopus sering kali menghasilkan wawasan baru dan temuan inovatif. Informasi ini dapat digunakan untuk mengarahkan pengembangan produk baru atau meningkatkan produk yang sudah ada, memungkinkan bisnis Anda tetap relevan dan bersaing di pasar yang terus berubah.

Publikasi artikel dalam jurnal terindeks Scopus bukan hanya tentang menyebarkan pengetahuan, tetapi juga tentang memanfaatkannya secara strategis untuk meningkatkan kinerja dan pertumbuhan bisnis seorang akademisi. Dengan memanfaatkan potensi bisnis pengetahuan ini dengan tepat, Anda dapat membuka pintu untuk peluang baru, meningkatkan daya saing, dan mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini. Bisakah?(redaksi)




Tinggalkan Komentar

Terbaru Hari Ini

PP IKSAB TBS Adakan Halal Bi Halal

PP IKSAB TBS Adakan Halal Bi Halal

Komunitas
Lonjakan Pengunjung, Patroli Objek Wisata Diintensifkan

Lonjakan Pengunjung, Patroli Objek Wisata Diintensifkan

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng   Wisata
Ramai Pengunjung, Polisi Lakukan Pemantauan Objek Wisata Jepara

Ramai Pengunjung, Polisi Lakukan Pemantauan Objek Wisata Jepara

Eks Karesidenan Pati   Wisata
Jelang Proliga 2024, Gresik Petrokimia Mengandalkan Pedro Lilipaly Sebagai Juru Taktik

Jelang Proliga 2024, Gresik Petrokimia Mengandalkan Pedro Lilipaly Sebagai Juru Taktik

Info Jateng   Olahraga
Halalbihalal, Bupati Apresiasi Polres Blora dalam Pengamanan Idulftri 1445 dan Arus Mudik

Halalbihalal, Bupati Apresiasi Polres Blora dalam Pengamanan Idulftri 1445 dan Arus Mudik

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Nelayan Batang Gelar Lomba Dayung, Ajang Bangun Kebersamaan dan Perkuat Rasa Persaudaraan

Nelayan Batang Gelar Lomba Dayung, Ajang Bangun Kebersamaan dan Perkuat Rasa Persaudaraan

Eks Karesidenan Pekalongan   Info Jateng
IGD RSUD Batang Siagakan Petugas Medis 24 Jam Selama Lebaran

IGD RSUD Batang Siagakan Petugas Medis 24 Jam Selama Lebaran

Eks Karesidenan Pekalongan   Info Jateng   Kesehatan
Gencarkan Patroli ke Objek Wisata, Polres Jepara Gelar Pengamanan Libur Lebaran 2024

Gencarkan Patroli ke Objek Wisata, Polres Jepara Gelar Pengamanan Libur Lebaran 2024

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Nana Sudjana Gelar “Open House” Idulfitri, Romo Robertus : Ini Kesempatan Istimewa

Nana Sudjana Gelar “Open House” Idulfitri, Romo Robertus : Ini Kesempatan Istimewa

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng
Mudahkan Silaturahmi, Sekda Jateng Gelar Open House

Mudahkan Silaturahmi, Sekda Jateng Gelar Open House

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng
Buntut Kecelakaan di Tol Semarang-Batang, PO. Rosalia Indah Berpeluang Kena Sanksi

Buntut Kecelakaan di Tol Semarang-Batang, PO. Rosalia Indah Berpeluang Kena Sanksi

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng
Indonesia Berhasil Antar 4 Wakil di Perempatfinal Badminton Asia Championships 2024

Indonesia Berhasil Antar 4 Wakil di Perempatfinal Badminton Asia Championships 2024

Info Nasional   Olahraga
Kualitas Alat Belum Maksimal, Hilal di Batang Sulit Terpantau

Kualitas Alat Belum Maksimal, Hilal di Batang Sulit Terpantau

Eks Karesidenan Pekalongan   Info Jateng
Waspada Gangguan Keamanan, Patroli dan Penjagaan di Stasiun KA Cepu Diintensifkan

Waspada Gangguan Keamanan, Patroli dan Penjagaan di Stasiun KA Cepu Diintensifkan

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Apresiasi Petugas Kebersihan, Bupati Berikan Bingkisan Hingga Perjuangkan Jadi PPPK

Apresiasi Petugas Kebersihan, Bupati Berikan Bingkisan Hingga Perjuangkan Jadi PPPK

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Polisi Pastikan Keamanan Rumah Sebelum Ditinggal Mudik Pemiliknya

Polisi Pastikan Keamanan Rumah Sebelum Ditinggal Mudik Pemiliknya

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Cerianya Anak Yatim Piatu saat Diajak Polisi Jepara Belanja Baju Lebaran

Cerianya Anak Yatim Piatu saat Diajak Polisi Jepara Belanja Baju Lebaran

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
RSUD Batang Tetap Layani Pasien Selama Libur Lebaran

RSUD Batang Tetap Layani Pasien Selama Libur Lebaran

Eks Karesidenan Pekalongan   Info Jateng   Kesehatan
Polres Batang Imbau Warga Tak Main Petasan saat Malam Takbiran

Polres Batang Imbau Warga Tak Main Petasan saat Malam Takbiran

Eks Karesidenan Pekalongan   Info Jateng
Dukung Kelancaran Pemudik, Kwarcab Batang Siagakan Personel

Dukung Kelancaran Pemudik, Kwarcab Batang Siagakan Personel

Eks Karesidenan Pekalongan   Info Jateng
Close Ads X