Siap Lanjutkan Program Ehra, DKK Gelar Rapat Koordinasi

Siap Lanjutkan Program Ehra, DKK Gelar Rapat Koordinasi

infojateng.id - 13 Agustus 2020
Siap Lanjutkan Program Ehra, DKK Gelar Rapat Koordinasi
BAHAS: Sejumlah pihak saat melaksanakan rakor program Ehra belum lama ini. (DOK IJD) - ()
Penulis
|
Editor

KUDUS – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus menggelar rapat koordinasi (Rakor) Environmental Health Risk Assessment (EHRA) di aula laboratorium kesehatan di Jl. Ganesha Raya Kelurahan No.35, Purwosari, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus.

EHRA atau Studi Penilaian Risiko Kesehatan Lingkungan adalah sebuah studi partisipatif di Kabupaten/Kota untuk memahami kondisi fasilitas sanitasi dan higienitas serta perilaku-perilaku masyarakat pada skala rumah tangga.

Pelaksanaan rapat koordinasi tentang pelaksanaan Ehra.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Joko Dwi Putranto melalui Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga mengatakan, data EHRA sangat penting untuk bisa mengetahui kondisi fasilitas sanitasi dan hiegenitas serta perilaku masyarakat pada rumah tangga. EHRA sendiri sejatinya telah dimulai sejak Februari 2020 lalu, atau sebelum pandemi.

Sebelumnya, pihak DKK Kudus telah melaksanakan sosialisasi, pelatihan, hingga pembekalan enumerator, hingga survey ke masyarakat. Untuk sampling EHRA sendiri dilakukan di setiap desa 50 responden sebanyak 132 Desa di Kabupaten Kudus.

Dalam rakor tersebut, Dinas Kesehatan Kudus mengundang para enumerator atau petugas lapangan serta pendamping petugas puskesmas, dalam hal ini yakni sanitarian puskemas. Ia me-review kembali kegiatan EHRA agar nantinya proses di lapangan berjalan dengan lancar.

Persiapan pelaksanaan Ehra di Kabupaten Kudus.

Kendati demikian, ia menegaskan jika enumerator kini telah siap diterjunkan ke lapangan untuk melanjutkan survei ke desa-desa.

“Yang pasti 18 Agustus, temen-temen enumerator terjun ke lapangan untuk melanjutkan survei di lapangan. Sehingga, data terkait kondisi fasilitas sanitasi dan higienitas serta perilakumsyarakat pada skala rumah tangga bisa segera diketahui,” pungkasnya.(IJD/IJL)

Tinggalkan Komentar

Mungkin Anda melewatkan ini

Close Ads X