Kurangi Pengangguran, Puluhan Warga Dilatih Tata Kecantikan

Kurangi Pengangguran, Puluhan Warga Dilatih Tata Kecantikan

infojateng.id - 9 Desember 2020
Kurangi Pengangguran, Puluhan Warga Dilatih Tata Kecantikan
Pembukaan pelatihan tata kecantikan di LKP Ardian, Pati. - (infojateng.id)
Penulis
|
Editor

PATI – Dampak dari pandemi Covid-19 turut menyebabkan angka pengangguran bertambah. Berbagai upaya pun dilakukan. Seperti melalui program pendidikan kecakapan kerja bagi sejumlah warga Pati.

Progam itu merupakan kerjasama dari Direktorat Kursus dan Pelatihan, Ditjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia dengan LKP Ardian .

Program pendidikan kecakapan kerja diselenggarakan dalam waktu dua bulan dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Kegiatan itupun dinilai dapat menjadi salah satu solusi dalam mengurangi masalah pengangguran di Indonesia, khususnya di Kabupaten Pati.

“Tujuan pelatihan ini untuk mengembangkan skill sehingga dengan skill tersebut dapat memperoleh pekerjaan bahkan bisa sampai membuka lapangan pekerjaan,” terang Winarto Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati yang didampingi Kasi Dikmas Darmini.

Sementara ketua pengelola atau penanggung jawab LKP Ardian, Adiningtyas Prima Yulianti mengatakan untuk menjadi peserta dalam kegiatan ini harus mengikuti seleksi terlebih dahulu, baru kemudian diterima sebagai peserta.

“Pelatihan berlangsung selama dua bulan. Setelah mengikuti pelatihan, semua peserta akan mendapat pemagangan, mengikuti uji kompetensi dan ditempatkan kerja di dunia usaha atau dunia industri yang bermitra dengan LKP Ardian,”ujarnya.

Tak hanya pembelajaran secara konvensional seperti pembelajaran daring. Kegiatan itu juga membekali pesertanya dengan latihan praktik. Dalam kesempatan itu mereka diajarkan terkait tata kecantikan rambut.

“Jadi targetnya, selain memberikan pembekalan ketrampilan, mereka juga akan dilakukan penempatan kerja di tempat mitra LKP Ardian,”imbuhnya.(IJB)

Tinggalkan Komentar

Mungkin Anda melewatkan ini

Close Ads X