Libatkan 280 Nakes, RSUD Kayen Mulai Vaksinasi Covid-19

Libatkan 280 Nakes, RSUD Kayen Mulai Vaksinasi Covid-19

infojateng.id - 27 Januari 2021
Libatkan 280 Nakes, RSUD Kayen Mulai Vaksinasi Covid-19
RSUD Kayen mulai lakukan vaksinasi tenaga kesehatan, 280 nakes dan 14 vaksinator terlibat dalam vaksinasi covid-19, Rabu (27/1/2021) - (infojateng.id)
Penulis
|
Editor

PATI – Seiring dengan dimulainya pencanangan vaksinansi vaksin oleh Bupati Pati Senin, (25/1/2021).

Rumah Sakit Umum Daerah Kayen mulai melaksanakan penyuntikan vaksin Covid-19. Ada 280 tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit tersebut akan mendapatkan vaksinasi Sinovac.

Direktur RSUD Kayen dr. Aviani Tritanti Venusia mengatakan, proses vaksinasi Covid-19 di rumah sakit daerah itu akan berlangsung Rabu dan Kamis besok, melibatkan 14 tenaga vaksinator.

direktur RSUD Kayen dr. Aviani Tritanti Venusia, lakukan tahapan screening sebelum vaksinasi Covid-19.

“Jadi, bagi nakes yang sudah terdaftar melalui SI-SDMK (Sistem Informasi SDM Kesehatan) , mendapatkan e ticket dan sms blast, mereka bisa datang untuk vaksinasi,” katanya di lantai 5 gedung RSUD Kayen, Rabu (27/1/2021).

Dikatakannya, untuk melakukan vaksinasi, para tenaga kesehatan tersebut terlebih dahulu melakukan tahapan screening tes kesehatan berdasarkan alur mekanisme vaksinasi yang sesuai Standar Operasional Prosedur kementrian kesehatan.

“Bagi nakes yang tidak lolos screening, akan kami jadwalkan ulang vaksinasi”. tambahnya.

Ia menambahkan, untuk bisa divaksinasi ada beberapa kriteria yang perlu dipahami yaitu, mereka belum pernah terkonfirmasi menderita Covid-19, ibu hamil dan menyusui, menjalani terapi jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah, penderita penyakit jantung, penderita penyakit autoimun (lupus, sjogren, vasculitis) dan lainnya sesuai yang telah dinyatakan oleh Kementerian Kesehatan.

“Nantinya, setelah disuntik vaksin, para Nakes terlebih dahulu harus menunggu selama 30 menit untuk dilakukan observasi, kalau tidak terjadi apa-apa, mereka bisa kembali beraktifitas” ujar Aviani.

Aviani berpesan, semua nakes dan masyarakat yang sudah divaksin masih harus tetap menerapkan 5M. Yakni, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, membatasi mobilitas, dan menjauhi kerumunan.

”Tetap harus mematuhi protokol kesehatan,” tutupnya. (IJA)

Tinggalkan Komentar

Mungkin Anda melewatkan ini

Close Ads X