Berikan Rasa Aman Pasien, RS Keluarga Sehat Siapkan Jalur Khusus IGD

Berikan Rasa Aman Pasien, RS Keluarga Sehat Siapkan Jalur Khusus IGD

infojateng.id - 30 Januari 2021
Berikan Rasa Aman Pasien, RS Keluarga Sehat  Siapkan Jalur Khusus IGD
 - (infojateng.id)
Penulis
|
Editor

PATI-Pandemi Covid-19 yang melanda sejak awal 2020 telah mempengaruhi berbagai banyak aspek, termasuk dalam hal layanan kesehatan. Mudahnya penularan Covid-19 mengharuskan fasilitas kesehatan melakukan skrining gejala Covid-19 sebelum masuk mendapatkan pelayanan termasuk IGD. Persepsi masyarakat bahwa rumah sakit merupakan tempat beresiko penularan Covid-19 dan adanya proses skrining saat akan masuk ke IGD membuat sebagian masyarakat takut berobat padahal hal tersebut dapat membahayakan kesehatannya.

Menyikapi hal tersebut, RS Keluarga Sehat (KSH) menerapkan Sistem Skrining Pra Hospital, yaitu sistem penapisan awal melalui Klinik Satelit KSH Group (PMCKU, KSMC, KS Juwana). Alur proses skrining gejala Covid-19 sesuai Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan, dapat dilakukan saat berada di RS dan dapat juga melalui rujukan rumah sakit lain atau FKTP seperti Klinik Satelit KSH Group.

Direktur RS Keluarga Sehat Pati dr Kelvin Kurniawan, M.Kes menjelaskan, bila pasien sudah diperiksa oleh Dokter Spesialis di Klinik Satelit KSH Group dan dinyatakan tidak memiliki gejala Covid-19, tetapi membutuhkan rawat inap di RS Keluarga Sehat Pati atau Tayu, maka dokter akan memberikan surat rujukan dan pasien bisa masuk lewat IGD Pintu 2.

Untuk mencegah penularan dan kenyaman bagi semua pasien, sejak Januari 2021 RS Keluarga Sehat telah menyiapkan 2 jalur pasien berdasarkan hasil skrining. IGD Pintu 1 bagi pasien yang langsung datang ke RS dan belum dilakukan skrining. IGD Pintu 2 bagi pasien yang telah melakukan skrining Pra Hospital dan dinyatakan tidak terindikasi Covid-19.

Ditambahkan oleh Kelvin, IGD KSH sudah dilakukan rekayasa enginering. IGD dipisah menjadi 2 bagian, yaitu IGD dengan gejala Covid-19 dan yang non Covid-19. Pembagian zona dalam IGD ini memiliki sarana prasarana yang terpisah dan tidak bercampur, termasuk petugas kesehatan, perawat, dan dokter IGD yang bertugas.

“ RS Keluarga Sehat terus berupaya memberikan suasana aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan berobat di RS Keluarga Sehat, dan segera akan ada Aplikasi Skrining Pra Hospital. Aplikasi Skrining Pra Hospital merupakan inovasi RS Keluarga Sehat dimana pasien dapat melakukan skrining gejala Covid-19 sebelum datang ke RS Keluarga Sehat, sehingga pasien dapat memanfaatkan jalur khusus yang telah disediakan. Kami menyadari, kecemasan yang terjadi di masyarakat. Namun, perlu diingat bahwa menunda pengobatan di saat sakit itu berbahaya bagi pasien. Jadi tidak perlu lagi takut ke rumah sakit, selain menerapkan protokol kesehatan. KSH telah menerapkan Sistem Skrining Pra Hospital sehingga pasien tidak perlu khawatir, karena dipastikan akan melalui zona Non Covid -19 ,”tegasnya.(ija)

Tinggalkan Komentar

Mungkin Anda melewatkan ini

Close Ads X