Kelompok Afinitas Terima Bantuan Ternak dari Dinas Ketahanan Pangan

Kelompok Afinitas Terima Bantuan Ternak dari Dinas Ketahanan Pangan

infojateng.id - 29 Maret 2021
Kelompok Afinitas Terima Bantuan Ternak dari Dinas Ketahanan Pangan
 - (infojateng.id)
Penulis
|
Editor

PATI-Kelompok ternak warga desa Sinomwidodo kecamatan Tambakromo menerima bantuan kambing dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pati. Peternak ini tergabung dalam kelompok usaha ternak “Bareng Mukti”. Penyerahan secara simbolis dilakukan Senin, (29/3).

Bantuan berupa kambing jenis Jawarandu tersebut diberikan kepada kelompok afinitas sebagai upaya dari pemerintah daerah dalam mendorong desa mandiri pangan yang berbasis peternakan.

Alfianingsih Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pati menjelaskan program ini bertujuan untuk mencukupi ketersediaan pangan bagi kelompok afinitas dan  meningkatkan kesejahteraan.

“Kami berharap dengan adanya program desa mandiri pangan berupa bantuan hewan ternak ini bisa berkembang sehingga bisa mengangkat perekonomian dan kesejahteraan bagi warga. Total ada 22 ekor kambing terdiri 20 betina dan 2 jantan,” katanya.

Selain kelompok Mukti Bareng, tahun ini bantuan juga menyasar lima kelompok ternak di kabupaten Pati,  yakni kelompok ternak di desa Tanjungsekar Pucakwangi dan desa Payak kecamatan Cluwak.

Dinas ketahanan pangan juga terus melakukan pendampingan dan pembinaan rutin selama empat tahun agar semakin termotivasi mengembangkan usahanya.

Pendampingannya dalam bentuk pelatihan-pelatihan olahan pangan lokal. Potensi pangan apa yang bisa dikembangkan dan bernilai ekonomis.” katanya.

Kasmuin, Ketua Kelompok Ternak “Bareng Mukti” desa Sinomwidodo kecamatan Tambakromo

Kasmuin Ketua Kelompok BarengMukti, mengaku berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Dinas Ketapang. Dengan bantuan ini, para peternak kembali mendapat motivasi untuk terus mengembangkan peternakan. “Kambing-kambing ini akan kami budidayakan dan kelola bersama anggota,” ujar Kasmuin singkat usai menerima bantuan secara simbolis.(ija)

Tinggalkan Komentar

Mungkin Anda melewatkan ini

Close Ads X