Dinas Ketahanan Pangan Dorong Pemanfaatan Pekarangan untuk Hidroponik

Dinas Ketahanan Pangan Dorong Pemanfaatan Pekarangan untuk Hidroponik

infojateng.id - 4 April 2021
Dinas Ketahanan Pangan Dorong Pemanfaatan Pekarangan untuk Hidroponik
Simbolis: Sekretaris Komisi B DPRD Pati Hilal Muharrom didampingi Praktisi Hidroponik Teguh Setyo Budi saat memberi bantuan alat hidroponik kepada ibu ibu PKK, Jumat, (3/4) - (infojateng.id)
Penulis
|
Editor

PATI-Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Pati terus mendorong upaya pemanfaatan lahan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Salah satunya melalui pelatihan Hidroponik.

Pelatihan yang diikuti oleh perwakilam anggota PKK desa se kecamatan Pati diselenggarakan Sabtu, Senin  dan Selasa(3,5,6/4 2021) dengan melaksanakan protokol kesehatan. Peserta pelatihan dibagi dalam 3 kelompok dengan kuota 25 orang perharinya.

Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan pangan dinas Ketahanan Pangan kabupaten Pati,  Agustin Eni menjelaskan teknik hidroponik dianggap sebagai metode yang tepat untuk menjaga ketahanan pangan, terutama dilingkungan rumahtangga.

“Di masa pandemi seperti sekarang ini, hasil tanaman hidroponik juga bisa dimanfaatkan menunjang kebutuhan gizi pangan keluarga” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut hadir sekretaris komisi B DPRD Pati Hilal Muharrom yang secara simbolis memberikan bantuan bibit dan peralatan hidroponik “Kita fasilitasi ibu-ibu PKK, agar bisa berkebun di rumah, yang biasanya biasa hobi tananam hias kita alihkan ke tanaman sayuran, melalui hidroponik atau metode tanam lain sehingga bermanfaat untuk keluarga.” ungkapnya.

Antusias: Ibu ibu PKK saat mengikuti pelatihan hidroponik Jumat, 3/4.

Praktisi hidroponik Pati dan pemateri pelatihan, Teguh Setyo Budi menjelaskan pelatihan yang diberikan secara menyeluruh, mulai dari pembibitan, teknik menanam, perawatan, pemupukan hingga pemanenan.

Ia berharap dengan pelatihan ini peserta mampu memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan.

“Hidroponik ini sangat potensial tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, tetapi juga bisa meningkatkan pendapatan jika ditekuni dalam skala besar,” ujarnya.(ija)

Tinggalkan Komentar

Mungkin Anda melewatkan ini

Close Ads X