Gadget jadi Kebutuhan Primer Masyarakat Digital

Gadget jadi Kebutuhan Primer Masyarakat Digital

infojateng.id - 24 Juni 2021
Gadget  jadi Kebutuhan Primer Masyarakat Digital
Kredit foto, whatphone.com - (infojateng.id)
Penulis
|
Editor

SUKOHARJO– Kementerian Kominfo bersama Debindo menggelar acara webinar literasi digital secara virtual dengan topik ”Pelayanan Masyarakat Yang Prima Melalui Perangkat Digital” di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (23/6/2021).

Dimulai pukul 09.00 WIB, webinar yang dipandu entertainer Dwiky Nara, menghadirkan narasumber utama Krisna Murti (IAPA), Taufiqurrohman (dosen Ilmu Komunikasi UMY), Wisnu Martha Adiputra (Dosen Fisipol UGM), Subekhan Nurhadi (Highmaster Vocational High School) dan Tyra Lundy (presenter) sebagai key opinion leader.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Literasi Digital Nasional: Indonesia Makin Cakap Digital yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Mei 2021 lalu.

Krisna Murti dari IAPA (Indonesian Association for Public Administration) dalam paparannya
mengatakan untuk penggunaan perangkat berbasis digital pada masyarakat ada sejumlah pengetahuan mendasar yang perlu dimiliki pengguna media digital.

“Pengetahuan dasar yang perlu dimiliki di era digital antara lain pengetahuan menggunakan perangkat keras baik HP/PC dan mengoperasikan perangkat lunak baik software/aplikasi,” kata Krisna.

Selain itu pengguna media digital wajib memahami pengetahuan dasar tentang mesin telusur (search engine) dalam mencari informasi dan data, memasukkan kata kunci dan memilah data yang benar.

“Tak hanya itu, dengan pesatnya media komunikasi harus menguasai pengetahuan dasar beragam aplikasi chat dan media sosial untuk berkomunikasi dan berinteraksi, termasuk mengunduh dan mengganti settingannya,” ujar Krisna.

Sedangkan dengan maraknya e-commerce, pengguna digital perlu memiliki pengetahuan dasar dompet digital serta untuk memantau keuangan dan transaksi digital.

Subekhan Nurhadi selaku Highmaster Vocational High School mengatakan
di era globalisasi seperti ini, teknologi informasi dan dunia digital berkembang sangat pesat.

“Hampir semua lapisan masyarakat tak bisa terlepas dari gawai, sehingga inovasi penggunaan perangkat berbasis digital pada masyarakat penting,” kata Nurhadi.

Nurhadi menambahkan, perangkat digital seperti smartphone, laptop, dan berbagai jenis gawai modem sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat saat ini.

“Sebagain besar masyarakat bahkan hampir menghabiskan hampir dua pertiga waktu yang dimilikinya menggunakan gawai,” kata Nurhadi.

Termasuk juga dalam dunia pemerintahan. Nurhadi mengatakan transformasi digital menjadi sebuah adaptasi yang terus dipercepat pelaksanaanya oleh pemerintah, tak terkecuali sektor pelayanan publik.

“Tujuannya demi memberikan layanan berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur terlebih kepada masyarakat di masa pandemi Covid seperti sekarang,” ujar Nurhadi.

Di wilayah Kabupaten Sukoharjo, Kementerian Kominfo RI akan menyelenggarakan berbagai kegiatan Webinar Literasi Digital: Indonesia Makin Cakap Digital selama periode Mei hingga Desember 2021.

Kegiatan Webinar Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, agar masyarakat makin cakap digital dalam memanfaatkan internet demi menunjang kemajuan bangsa.

Masyarakat dapat terus memperoleh berbagai materi pelatihan literasi digital di akun media sosial@siberkreasi. (*)

Tinggalkan Komentar

Mungkin Anda melewatkan ini

Close Ads X