Boyolali, infojateng.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar Capacity Building di Pendopo Gede Kabupaten setempat, Jumat (19/12/2025).
Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan Kepala Sekolah dan Guru SD-SMP se-Kabupaten Boyolali.
Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali, Dwi Hari Kuncoro mengungkapkan bahwa pihaknya berharap melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.
“Selain itu juga memperkuat kepemimpinan kepala sekolah sebagai agen perubahan di sekolah; menumbuhkan pola pikir positif, inovatif, dan kolaboratif; mendorong kepala sekolah untuk berani melakukan terobosan dalam peningkatan mutu sekolah; serta membangun komitmen bersama dalam mewujudkan sekolah yang berkualitas dan berkarakter,” paparnya.
Secara terperinci, pada sesi pertama diikuti oleh 474 peserta yang terdiri dari Kepala TK, SD, dan SMP. Kemudian pada sesi kedua atau siang hari diikuti 425 peserta yang merupakan guru TK, SD dan SMP.
Bupati Boyolali, Agus Irawan yang berkesempatan hadir menjelaskan bahwa kepala sekolah memiliki peran strategis sebagai pemimpin pembelajaran, pengelola satuan pendidikan, serta penggerak perubahan di sekolah.
Dikatakan dia, dalam menghadapi tantangan pendidikan yang semakin kompleks, diperlukan kepala sekolah yang memiliki kepemimpinan yang kuat, motivasi tinggi, serta pola pikir positif dan adaptif.
“Kepala sekolah akan sangat penting sekali. Jadi bapak ibu semua harus mulai bisa memberikan visi misi sekolah, mau dibawa seperti apa dan bagaimana. Bapak ibu juga bisa mengatur guru sampai dengan murid mau diarahkan kemana. Juga harus mempunyai inovasi sendiri,” tegas Agus.
Ia berpesan, kepala sekolah harus bersama sama bersinergi, dan harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik.
Dalam kegiatan tersebut, panitia menghadirkan narasumber seorang motivator untuk memperkuat aspek kepemimpinan, mentalitas, dan semangat perubahan bagi para kepala sekolah dan guru. (eko/redaksi)