Usai Lebaran, Pemkot Semarang Hadirkan Kanal Aduan “Lapor Semar Solusi AWP”

infojateng.id - 8 April 2025
Usai Lebaran, Pemkot Semarang Hadirkan Kanal Aduan “Lapor Semar Solusi AWP”
 - (infojateng.id)
Penulis
|
Editor

Semarang, Infojateng.id – Mengawali aktivitas pasca libur Lebaran, Wali Kota Semarang Agustina meluncurkan kanal pengaduan publik yang lebih representatif bernama Lapor Semar Solusi AWP. Inisiatif ini merupakan bentuk komitmen Pemkot dalam meningkatkan pelayanan publik yang responsif, transparan, dan mudah dijangkau masyarakat.

 

“Sebagai kepala daerah, saya harus mendengar masukan dan kritik dari masyarakat. Melalui kanal ini, warga bisa menyampaikan aspirasi dengan lebih mudah dan semua aduan akan terpantau serta dievaluasi secara berkala,” ujar Agustina, Selasa (8/4/2025).

 

Terintegrasi & Mudah Diakses

Lapor Semar Solusi AWP terhubung langsung dengan sistem nasional SP4N-LAPOR! dan Laporgub. Masyarakat bisa menyampaikan aduan melalui berbagai platform, antara lain:

  • Aplikasi mobile Lapor Semar
  • WhatsApp di 0812-1500-0512
  • Website: laporsemar.lapor.go.id
  • Portal informasi dan pengaduan: laporsemar.semarangkota.go.id

Lebih Praktis dan Aman

Fitur layanan Lapor Semar kini lebih praktis. Warga tidak perlu lagi mengisi format panjang dan bisa mengirim bukti pendukung lewat WhatsApp atau link balasan. Data pribadi pelapor juga otomatis disembunyikan dari pengelola, untuk mencegah potensi intimidasi atau persekusi.

 

Layanan ini juga lebih cepat dalam menangani aduan, berkat sistem notifikasi realtime ke dinas terkait hingga kepala dinas apabila ada laporan yang belum ditindaklanjuti.

 

Satu Dashboard, Ribuan Laporan

 

Kepala Dinas Kominfo Kota Semarang, Soenarto, menyampaikan bahwa seluruh perangkat daerah telah terintegrasi dalam satu dashboard pengelolaan laporan.

 

“Semua laporan dari berbagai kanal masuk ke satu sistem, sehingga tindak lanjut bisa lebih efisien dan terpantau. Kami harap masyarakat menyampaikan aduan melalui kanal resmi,” ujar Soenarto.

 

Selama tahun 2024, Pemkot Semarang telah mengelola 5.378 aduan masyarakat. Setiap laporan diverifikasi sebelum diteruskan ke dinas terkait untuk ditindaklanjuti, termasuk survei lapangan jika dibutuhkan.

 

Melalui Lapor Semar Solusi AWP, Pemkot berharap berbagai masalah pelayanan publik—seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan, sosial, lingkungan, dan lainnya—dapat ditangani lebih cepat, tepat, dan transparan. (ery/redaksi)




Tinggalkan Komentar

Terbaru Hari Ini

BRI Super League: Persijap Jepara Sambut Kembalinya Divaldo Alves sebagai Pelatih Kepala

BRI Super League: Persijap Jepara Sambut Kembalinya Divaldo Alves sebagai Pelatih Kepala

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng   Olahraga
Sensasi Lari Lintas Alam dan Berkemah, Berolahraga Sambil Wisata

Sensasi Lari Lintas Alam dan Berkemah, Berolahraga Sambil Wisata

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng   Olahraga   Wisata
Pemprov Jateng Pulangkan 100 Warga Terdampak Banjir Sumatra

Pemprov Jateng Pulangkan 100 Warga Terdampak Banjir Sumatra

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng
Budaya Pesisir Karesidenan Pekalongan Meriahkan Festival Komukino 11th USM

Budaya Pesisir Karesidenan Pekalongan Meriahkan Festival Komukino 11th USM

Info Jateng
Bupati Boyolali Minta Kepala Sekolah Bersinergi untuk Berikan Pelayanan Terbaik

Bupati Boyolali Minta Kepala Sekolah Bersinergi untuk Berikan Pelayanan Terbaik

Eks Karesidenan Surakarta   Info Jateng   Pendidikan
Sidak Pasar, Pemkab Klaten Pastikan Stok dan Harga Bahan Pokok Stabil Jelang Nataru

Sidak Pasar, Pemkab Klaten Pastikan Stok dan Harga Bahan Pokok Stabil Jelang Nataru

Ekonomi   Eks Karesidenan Surakarta   Info Jateng
Bunda PAUD Klaten Sabet Tujuh Penghargaan

Bunda PAUD Klaten Sabet Tujuh Penghargaan

Eks Karesidenan Surakarta   Info Jateng   Sosok Inspiratif
Rembang Jadi Penyaji Unggulan Pentas Seni di TMII

Rembang Jadi Penyaji Unggulan Pentas Seni di TMII

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng   Seni & Budaya
Jelang Natal, Polisi Kerahkan Anjing Pelacak Sterilisasi Gereja

Jelang Natal, Polisi Kerahkan Anjing Pelacak Sterilisasi Gereja

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Wings Air Kembali Buka Rute Penerbangan Solo-Bandung dan Solo-Surabaya

Wings Air Kembali Buka Rute Penerbangan Solo-Bandung dan Solo-Surabaya

Eks Karesidenan Surakarta   Info Jateng
Langgar Perda, Petugas Tertibkan 11 Spanduk Liar

Langgar Perda, Petugas Tertibkan 11 Spanduk Liar

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Bangsri UMKM Fest Ketiga Diikuti 25 Pelaku UMKM

Bangsri UMKM Fest Ketiga Diikuti 25 Pelaku UMKM

Ekonomi   Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Matangkan Pengamanan Nataru, Bupati Fokus Lalu Lintas hingga WFA

Matangkan Pengamanan Nataru, Bupati Fokus Lalu Lintas hingga WFA

Eks Karesidenan Pekalongan   Info Jateng
Renovasi Pelabuhan Kartini Dikebut, Penyeberangan Karimunjawa Tetap Berjalan Normal

Renovasi Pelabuhan Kartini Dikebut, Penyeberangan Karimunjawa Tetap Berjalan Normal

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Puskesmas Ringinarum Buka Pelayanan Herbal dan Layanan KTPA

Puskesmas Ringinarum Buka Pelayanan Herbal dan Layanan KTPA

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng   Kesehatan
Rembang Targetkan 10 Besar Porprov Jateng 2026

Rembang Targetkan 10 Besar Porprov Jateng 2026

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng   Olahraga
Faelasufa Raih Apresiasi “Bunda PAUD Peduli” dari Pemprov Jateng

Faelasufa Raih Apresiasi “Bunda PAUD Peduli” dari Pemprov Jateng

Eks Karesidenan Pekalongan   Info Jateng   Sosok Inspiratif
Ratusan Warga Serbu Pasar Murah di TRP Kartini Rembang

Ratusan Warga Serbu Pasar Murah di TRP Kartini Rembang

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Angka Kematian Ibu, Bayi dan Balita di Rembang Turun Drastis

Angka Kematian Ibu, Bayi dan Balita di Rembang Turun Drastis

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng   Kesehatan
BAZNAS Jepara Bantu Belasan Kursi Roda dan 60 Paket Perlengkapan Sekolah

BAZNAS Jepara Bantu Belasan Kursi Roda dan 60 Paket Perlengkapan Sekolah

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng   Pendidikan
Close Ads X