Pati, Infojateng.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati sudah membuka kanal pengaduan masyarakat yakni LaporBupPati pada hari Senin (29/8/2022). Pola yang dilakukan, hampir sama dengan cara Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam berkomunikasi dengan warganya.
Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro memang menginstruksikan hal itu saat memimpin apel perdananya di lingkungan Setda Kabupaten Pati. Instruksi tersebut, langsung direspon Diskominfo.
Kepala Diskominfo Kabupaten Pati, Ratri Wijayanto mengatakan, LaporBupPati sudah launching dan hari ini sudah diadakan evaluasi. “Sudah mulai ada aduan yang cukup banyak dari masyarakat. Sehingga dengan adanya LaporBupPati ini bisa menampung keluhan dari masyarakat,” ucapnya.
Menurutnya, LaporBupPati ini adalah pengembangan dari teras aduan. Pihaknya menjadi mediator, lalu juga ada screening dan diteruskan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menangani.
Lebih lanjut, masyarakat bisa melaporkan aduannya melalui Sosial Media (Sosmed) maupun WhatsApp. Sehingga bisa mempermudah masyarakat untuk melapor aduannya. “Kalau dulu itu hanya berbasis sosmed saja. Akan tetapi, saat ini ada tambahan yakni nomor WhatsApp,” tuturnya.
Ia berharap dengan adanya LaporBupPati ini bisa membantu masyarakat dalam semua hal. Mulai dari layanan, infastruktur, lingkungan, kesehatan, pendidikan, sosial kemasyarakatan dan lainnya.
Seperti diketahui, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga menggunakan komunikasi di media sosial untuk menjaring keluhan maupun informasi di bawah. Ganjar menciptakan program pengaduan masyarakat berbasis website yakni Lapor Gub. Dengan begitu, masyarakat dapat melaporkan adanya keluhan layanan, ataupun hal-hal yang harus segera direspon pemerintah provinsi Jawa Tengah.(redaksi)