Inovasi dan Agilitas Ciptakan Pelayanan Publik yang Prima

infojateng.id - 1 Agustus 2021
Inovasi dan Agilitas Ciptakan Pelayanan Publik yang Prima
Foto infopublik.id - (infojateng.id)
Penulis
|
Editor

PEKALONGAN – Digitalisasi layanan publik yang makin prima adalah tuntutan zaman. Salah satu kemajuan yang tak terelakkan adalah digitalisasi layanan publik yang semakin cepat, mudah dan efisien buat masyarakat dan memperbaiki kinerja pemerintah.

“Dengan upaya pelayanan publik yang semakin prima, diharapkan pemerintah akan ditiru oleh sektor swasta, memperbaiki pelayanan sebaik mungkin dengan dukungan teknologi digital. Tujuannya, memberikan pelayanan lebih cepat, mudah dan efisien, tapi tetap menjaga etika dan asas komunikasi yang lebih baik. Sehingga, pelanggan atau masyarakat diharapkan semakin puas dengan kinerja pemerintah,” papar Ilham Nur Fattah, konsultan digital safety dari Kaizen Room.

Ilham mengungkapkan hal tersebut saat tampil sebagai narasumber dalam webinar bertajuk “Pelayanan Masyarakat yang Prima Melalui Perangkat Digital”, yang digelar untuk masyarakat Kabupaten Pekalongan, 25 Juni lalu.

Webinar yang diikuti ratusan peserta secara daring ini digelar dalam rangka program literasi digital untuk mewujudkan Indonesia yang Makin Cakap Digital. Program ini diinisiasi dan diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam format serial webinar yang digelar serentak di seluruh Indonesia.

Dalam webinar untuk masyarakat Pekalongan, Ilham tidak tampil sendiri. Ia ditemani tiga narasumber lainnya: Delly Maulana (dosen Universitas Serang Raya), M. Taufik Saputra, koleganya dari Kaizen Room, dan Haswan B Harahap (dosen program Vokasi/ Institut STIAMI Jakarta), ditambah Bella Azhari, presenter yang tampil sebagai key opinion leader dan Fikri Hadil yang menjadi moderator.

Secara konseptual, Ilham menambahkan, ada tiga aspek yang mesti diperbaiki oleh pemerintah atau boleh ditiru sektor swasta, untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih prima. Pertama, attitude, merupakan perubahan perilaku ke arah yang lebih profesional. Tetap bersikap ramah dan sopan, menghargai pelayanan yang intinya meningkatkan sikap atau attitude yang positif.

Kedua, attention, perhatian yang lebih bagus ketika memberikan pelayanan. Mendengar keinginan, aspirasi yang dimaui masyarakat. “Terakhir, ketiga, action, yakni tindakan nyata yang harus diambil untuk meningkatkan langkah pelayanan yang lebih prima demi mewujudkan kepuasan masyarakat,” urai Ilham.

Untuk mewujudkan langkah perbaikan itu di dunia digital, mengutip catatan MarkPlus Co., lembaga periset manajemen kebijakan publik, ada kelompok masyarakat yang berpengaruh penting dalam kehidupan dunia digital saat ini.

Mereka adalah, pertama, generasi muda yang berani berinovasi, suka hal yang baru dan pembawa perubahan, pelopor. Kedua, kaum perempuan yang teliti dan sangat menghargai brand dan lebih mudah menjadi pemberi info yang direkomendasikan ke pihak lain. Sedangkan ketiga adalah pengguna internet atau warganet.

“Mereka tampil menjadi penghubung secara sosial dan kolaborator dengan pembuat konten digital. Ketiganya mesti siap dikolaborasi untuk mewujudkan tercapainya pelayanan prima yang berkesinambungan,” rinci Ilham, mengutip riset Markplus.

Namun untuk mengeksekusi upaya menciptakan pelayanan prima, butuh inovasi dan agilitas. Menurut Delly Maulana, inovasi birokrasi pelayanan merupakan sebuah ide kreatif untuk melakukan pembaharuan dalam sistem pemerintahan guna membangkitkan kinerja pemerintah sendiri, termasuk meningkatkan pelayanan dengan prasarana digital.

Sementara agilitas adalah fleksibiltas. Fleksibilitas birokasi perlu diskresi keleluasaan. Hal ini karena pada masa kini pemerintah sering berhadapan dengan kondisi penuh ketidakpastian. “Dengan diskresi, maka inovasi pelayanan prima mudah diwujudkan, masyarakat dimudahkan dan dilayani cepat, maka kemauan membayar pajak mestinya lebih baik. Karena mudah, maka pendapatan menjadi terdongkrak dengan itu,” ungkap Delly Maulana.

Upaya untuk memperbaiki layanan publik sejauh ini terus dilakukan dan diperjuangkan pemerintah. Bersyukur, hasilnya terus menunjukkan kinerja yang lebih baik. Pada 2018, misalnya, dalam indeks yang dibuat UN, Indeks e-government kita masih rangking 107, tapi kemudian pada 2020 naik ke rangking 88 dengan skor 0,6624. Artinya, naik 19 level selama dua tahun.

Sementara dalam e-participation, tolok ukurnya adalah dengan predikat Very High Participation Index. Dari 10 negara ASEAN, dalam soal e-participation, Indonesia menempati rangking empat. Sedangkan dalam soal open government, Indonesia menempati rangking satu se-ASEAN.

“Ini jelas prestasi yang mesti dijaga, sebagai buah kerja kolaboratif yang mencakup tiga aspek sumber daya manusia, infrastruktur telekomunikasi, dan pelayanan onlinenya,” pungkas Delly, penuh rasa bangga. (*)




Tinggalkan Komentar

Terbaru Hari Ini

Terbanyak Sumbang WBTbI Se-Indonesia, Jateng Raih Penghargaan Kemenbud

Terbanyak Sumbang WBTbI Se-Indonesia, Jateng Raih Penghargaan Kemenbud

Info Jateng   Laporan Khusus
Jawa Tengah Borong Anugerah Data Pendidikan 2025

Jawa Tengah Borong Anugerah Data Pendidikan 2025

Info Jateng   Laporan Khusus   Pendidikan
50 Kelompok Seni di Boyolali Ikuti Peningkatan Kapasitas

50 Kelompok Seni di Boyolali Ikuti Peningkatan Kapasitas

Eks Karesidenan Surakarta   Info Jateng
Bupati Boyolali Mutasi Ratusan Guru dan Kepala Sekolah, Ada Apa?

Bupati Boyolali Mutasi Ratusan Guru dan Kepala Sekolah, Ada Apa?

Eks Karesidenan Surakarta   Info Jateng   Pemerintahan   Pendidikan
Proyek KPBU PJU Masuki Tahap Penyiapan Transaksi

Proyek KPBU PJU Masuki Tahap Penyiapan Transaksi

Eks Karesidenan Pekalongan   Info Jateng
Ini 8 Fokus Perhatian Jepara Jelang Nataru

Ini 8 Fokus Perhatian Jepara Jelang Nataru

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng
Pemanfaatan LSD-LP2B Diatur Ketat, Ganti Rugi Jadi Syarat

Pemanfaatan LSD-LP2B Diatur Ketat, Ganti Rugi Jadi Syarat

Eks Karesidenan Pekalongan   Info Jateng
Pengelola Lingkungan Hidup di Boyolali Raih Abhinawa Anugraha

Pengelola Lingkungan Hidup di Boyolali Raih Abhinawa Anugraha

Eks Karesidenan Surakarta   Info Jateng
Polres Batang Luncurkan Chat Pak Polisi dan Ngobrol Kamtibmas

Polres Batang Luncurkan Chat Pak Polisi dan Ngobrol Kamtibmas

Eks Karesidenan Pekalongan   Info Jateng
Lahan Kritis Jateng Berkurang 75 ribu Hektar, Ini Kata Sekda Sumarno

Lahan Kritis Jateng Berkurang 75 ribu Hektar, Ini Kata Sekda Sumarno

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng
Tampil dengan Wajah Baru, Dekranasda Jateng Kini Makin Cantik dan Lengkap

Tampil dengan Wajah Baru, Dekranasda Jateng Kini Makin Cantik dan Lengkap

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng
Produsen Batik di Jateng Terbesar se-Indonesia, Wagub Dorong UMKM Go Global

Produsen Batik di Jateng Terbesar se-Indonesia, Wagub Dorong UMKM Go Global

Ekonomi   Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng
Enam Kursi Level Kepala Dinas di Jepara Resmi Terisi, Berikut Daftarnya

Enam Kursi Level Kepala Dinas di Jepara Resmi Terisi, Berikut Daftarnya

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng   Pemerintahan
Tambang di Gunung Slamet Diberhentikan Sementara, Pemprov Jateng Ambil Langkah Cepat dan Tegas

Tambang di Gunung Slamet Diberhentikan Sementara, Pemprov Jateng Ambil Langkah Cepat dan Tegas

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng
Sediakan Berbagai Kanal Informasi, Pemprov Jateng Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2025

Sediakan Berbagai Kanal Informasi, Pemprov Jateng Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2025

Info Jateng   Laporan Khusus
Lahan Kritis Jateng Susut 75 Ribu Hektare, Sekda Tegaskan Perhutanan Sosial Bukan Sekadar Bagi Lahan

Lahan Kritis Jateng Susut 75 Ribu Hektare, Sekda Tegaskan Perhutanan Sosial Bukan Sekadar Bagi Lahan

Eks Karesidenan Semarang   Info Jateng   Laporan Khusus   Pemerintahan
Lora-Lari Gelar Lari Lintas Alam dan Kemah di Jepara, Hadiah Jutaan Rupiah

Lora-Lari Gelar Lari Lintas Alam dan Kemah di Jepara, Hadiah Jutaan Rupiah

Eks Karesidenan Pati   Info Jateng   Kesehatan   Olahraga
Produsen Batik Terbesar Nasional, Wagub Jateng Dorong UMKM Go Global

Produsen Batik Terbesar Nasional, Wagub Jateng Dorong UMKM Go Global

Info Jateng   Pemerintahan
Sekda Jateng Dampingi Menhub Tinjau Rel Banjir dan Lokasi Dry Port

Sekda Jateng Dampingi Menhub Tinjau Rel Banjir dan Lokasi Dry Port

Info Jateng   Laporan Khusus   Pemerintahan
Dua Inovasi Jateng Borong Penghargaan Nasional

Dua Inovasi Jateng Borong Penghargaan Nasional

Info Jateng
Close Ads X